KEEFEKTIFAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 KARANGANYAR

BAROKAH, SITI (2017) KEEFEKTIFAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (412Kb)

    Abstract

    Siti Barokah, K3112069. KEEFEKTIFAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik assertive training untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan jenis rancangan Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian adalah peserta didi kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Karanganyar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test. Hasil uji hipotesis antara skor pretest dan posttest dengan independent sample t-test menunjukkan sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan interaksi sosial antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Simpulan hasil penelitian ini adalah pemberian teknik assertive training efektif untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar. Dengan adanya penelitian ini, dapat disampaikan saran kepada peserta didik, guru pembimbing, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya. Kepada peserta didik diharapkan dapat memiliki sikap aktif dan fous dalam pemberian layanan. Kepada guru pembimbing diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya dalam penguasaan metode untuk pemberian layanan. Kepada kepala sekolah diharapkan menyediakan sarana dan prasarana yang dapat memfasilitasi kegiatan pemberian layanan bimbingan dan konseling. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian pada subjek yang lebih besar. Kata kunci : teknik assertive training, interaksi sosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 18:29
    Last Modified: 29 Jan 2017 18:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31535

    Actions (login required)

    View Item