PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 3 SEMESTER GENAP SMA N 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PUSPITADEWI, RIZKY (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 3 SEMESTER GENAP SMA N 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (770Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rizky Puspitadewi. K3312067. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 3 SEMESTER GENAP SMA N 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA N 1 Teras tahun pelajaran 2015/2016 dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus dan di setiap siklus terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA N 1 Teras tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 34 siswa dan objek penelitian merupakan minat dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA N 1 Teras. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru di kelas XI MIA 3 SMA N 1 Teras. Teknik pengumpulan data kompetensi pengetahuan dengan menggunakan tes, kompetensi keterampilan menggunakan observasi dan kompetensi sikap serta minat menggunakan observasi dan angket penilaian diri. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA N 1 Teras pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Persentase ketercapaian minat belajar siswa pada siklus I sebesar 64,71% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 82,35%. Persentase ketercapaian prestasi belajar kompetensi pengetahuan pada siklus I sebesar 61,77% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 85,29%. Persentase ketercapaian kompetensi sikap (spiritual, disiplin, kerjasama, objektif dan proaktif) pada siklus I dengan indikator sikap proaktif belum tuntas dan meningkat pada siklus II dengan semua aspek indikator sikap tuntas dengan persentase ketuntasan aspek sikap sebesar 100%. Persentase ketuntasn prestasi belajar aspek keterampilan dilakukan pada siklus I dengan persentase ketercapaian sebesar 100%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Discovery Learning, Minat, dan Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TP Chemical technology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 18:24
    Last Modified: 29 Jan 2017 18:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31532

    Actions (login required)

    View Item