Changing Lives Program dalam Positive Youth Development untuk Membantu Pencapaian Identitas Diri Remaja Putri di Panti Asuhan

H, MARASHADI NUR (2017) Changing Lives Program dalam Positive Youth Development untuk Membantu Pencapaian Identitas Diri Remaja Putri di Panti Asuhan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (958Kb)

    Abstract

    Changing Lives Program dalam Positive Youth Development untuk Membantu Pencapaian Identitas Diri Remaja Putri di Panti Asuhan Changing Lives Programin Positive Youth Developmentto Foster Adolescent Girl’s Identity Achievement atThe Orphanage Marashadi Nur Hasanah, Program Studi Psikologi FakultasKedokteran UniversitasSebalasMaret ABSTRAK Pencapaian identitas diri merupakan salah satu tugas perkembangan penting bagi pembentukan dasar kepribadian remaja.Pencapaian identitas diri remaja mengacu pada kondisi remaja yang telah mengatasi krisis dan merasakan identitas diri optimal.Bukan hal yang mudah bagi remaja, khususnya remaja putri panti asuhan dalam mencapai identitas dirinya.Proses pembentukan identitas diri pada remaja putri lebih membutuhkan adanya ikatan hubungan pribadi yaitu keintiman. Orang tua adalah sosok yang dapat memberikan rasa aman, dukungan, perhatian, dan kelekatan bagi remaja untuk melewati permasalahan yang dihadapi pada masa remaja serta mempengaruhi keberhasilan remaja dalam proses pencapaian identitasnya. Ketidakberadaan orang tua dari remaja panti asuhan membuatnya rentan tidak merasakan perhatian, dukungan, dan kelekatan seperti remaja yang tinggal bersama orang tua mereka.Intervensi yang dapat membantu remaja, khususnya remaja putri untuk mencapai identitas diri, salah satunya Changing Lives Program dalam Positive Youth Development yang menggunakan strategi self discoverydan self construction.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Changing Lives Program dalam Positive Youth Development untuk membantu pencapaian identitas diri remaja putri di panti asuhan. Subjek penelitian ini adalah remaja putri penghuni panti asuhan yang berumur 14-20 tahun di Pondok Yatim dan Dhuafa Adh Dhuha Sukoharjo. Desain penelitian ini adalah eksperimen pretest-posttest control group design dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing sebanyak 7 orang. Kelompok eksperimen diberikan program pencapaian identitas diri selama dua hari.Penelitian menggunakanmodul CLP yang dimodifikasi dari Kurtines, dkk (2012).Pengumpulan data penelitian dengan skala The Functions of Identity Scale (FIS) dari Serafini, Maitland dan Adams (2006). Hasil analisis kuantitatif uji 2 Sampel Independen Mann-Whitney untuk pencapaian identitas diri diperoleh nilai Z -.385 dan p 0.701> 0.05 pada pretest-posttest.Hasil tersebut menunjukkan bahwa Changing Lives Program dalam Positive Youth Development tidak efektif membantu pencapaian identitas diri remaja putri di panti asuhan.Hasil ini mengarahkan pada evaluasi meliputi masalah terkait modul yang menjadi landasan pelaksanaan program. Kata kunci:Pencapaian Identitas Diri,Changing Lives Program,remaja putri, panti asuhan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 18:13
    Last Modified: 29 Jan 2017 18:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31527

    Actions (login required)

    View Item