PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016

WAHYUNINGTYAS, IKA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (864Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ika Wahyuningsih. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, tes, dan angket. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Prosedur penelitian menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Planning, Action, Observing, Reflecting). Hasil penelitian menunjukkan guru dapat menerapkan pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis siswa pada prasiklus sebesar 71,02% meningkat menjadi 72,78% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,15%. Persentase ketuntasan hasil belajar sejarah pada prasiklus sebesar 41,38% meningkat menjadi 62,07% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89,66%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 17:59
    Last Modified: 29 Jan 2017 17:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31520

    Actions (login required)

    View Item