PENERAPAN METODE GLOBAL DENGAN KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS V SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

Suharjo, (2010) PENERAPAN METODE GLOBAL DENGAN KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS V SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (719Kb)

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode global dengan kartu kata bergambar pada anak tuna grahita ringan kelas V SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek yang memperoleh perlakuan dalam penelitian ini ialah siswa tuna grahita ringan kelas V SLB Negeri Surakarta yang berjumlah 5 orang anak. Variabel bebas dalam penelitian tindakan kelas ini penerapan metode global dengan kartu kata bergambar. Sedangkan variabel terikatnya ialah kemampuan membaca permulaan siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan obeservasi, yang diterapkan dalam prasiklus, siklus I dan siklus II. Dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode global dengan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa tuna grahita ringan kelas V SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2008/2009.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 18:02
    Last Modified: 13 Jul 2013 18:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3152

    Actions (login required)

    View Item