Pengembangan Media CD Interaktif Pada Model Diklat Competency Based Training (CBT) Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Kearsipan Peserta Diklat BLK Surakarta

NODYAWATI, EKA (2017) Pengembangan Media CD Interaktif Pada Model Diklat Competency Based Training (CBT) Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Kearsipan Peserta Diklat BLK Surakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (693Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Eka Nodyawati. S991402005. Pengembangan Media CD Interaktif Pada Model Diklat Kerja Competency Based Training (CBT) Dalam Upaya Meningkatan Kompetensi Kearsipan Peserta Diklat BLK Surakarta. Tesis. Pembimbing 1: Prof. Dr. Trisno Martono, M.M., Pembimbing 2: Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media CD interaktif yang valid untuk meningkatkan kompetensi peserta diklat jurusan Bisnis dan Manajemen BLK Surakarta, 2) menganalisis keefektifan media CD interaktif untuk meningkatkan kompetensi peserta diklat jurusan Bisnis dan Manajemen BLK Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan mengacu design and development research menurut Borg and Gall yang meliputi 8 tahap pengembangan yaitu (1) Research and information collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary Form of Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Product revision, (8) Operational Field Testing. Validasi internal Pengembangan Media CD Interaktif Pada Model Diklat Kerja Competency Based Training (CBT) melibatkan ahli media, ahli materi dan praktisi. Analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif menggunakan uji anava satu jalur. Nilai validasi produk yang diperoleh dari ahli media sebesar 84,99%, ahli materi sebesar 84,25% dan praktisi sebesar 85,51% menunjukkan rata-rata kevalidan produk sebesar 84,54% yang artinya memiliki kualifikasi sangat baik. Pada uji lapangan terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,00 < α (0,05). Nilai yang diperoleh dari validasi dan uji lapangan menunjukkan bahwa produk pengembangan media CD interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan kompetensi kearsipan peserta diklat BLK Surakarta. Kata kunci : CD Interaktif, Competency Based Training (CBT), Kompetensi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 17:46
    Last Modified: 29 Jan 2017 17:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31514

    Actions (login required)

    View Item