Kualitas Repair Welding Menggunakan Metode Pengelasan MIG dengan Perlakuan Preheating dan Post Weld Heat Treatment pada Cast Wheel Aluminium

ARRASYID, DENY FARHAN (2017) Kualitas Repair Welding Menggunakan Metode Pengelasan MIG dengan Perlakuan Preheating dan Post Weld Heat Treatment pada Cast Wheel Aluminium. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (741Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Deny Farhan Arrasyid. K2512026. KUALITAS REPAIR WELDING MENGGUNAKAN METODE PENGELASAN MIG DENGAN PERLAKUAN PREHEATING DAN POST WELD HEAT TREATMENT PADA CAST WHEEL ALUMINIUM. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi komposisi kimia dan standar kodifikasi paduan aluminium pada cast wheel aluminium; (2) untuk mengidentifikasi bentuk struktur mikro sebelum dan sesudah dilakukan pengelasan menggunakan metode pengelasan MIG dengan perlakuan preheating dan Post Weld Heat Treatment (PWHT) pada cast wheel aluminium; (3) untuk mengetahui tingkat kekerasan sebelum dan sesudah dilakukan pengelasan menggunakan metode pengelasan MIG dengan perlakuan preheating dan PWHT pada cast wheel aluminium; (4) untuk mengidentifikasi tingkat kekuatan impak sebelum dan sesudah dilakukan pengelasan menggunakan metode pengelasan MIG dengan perlakuan preheating dan PWHT pada cast wheel aluminium. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil spesimen dari cast wheel aluminium yang dibuat sesuai ukuran standar penelitian, kemudian dilakukan pengelasan metode MIG menggunakan elektroda ER4043 dengan perlakuan preheating dan PWHT. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif yaitu mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian dianalisis dan menyimpulkan hasil penelitian. Sebagai parameter input pada penganalisisan data meliputi pengujian komposisi kimia, struktur mikro, nilai kekerasan, dan kekuatan impak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) komposisi kimia setelah proses pengelasan mengalami perubahan prosentase, unsur Al mengalami penurunan dari 91,47% menjadi 88,29%,sedangkan unsur Si dari 7,41% menjadi 10,9%; (2) struktur mikro pada raw material berupa paduan aluminium primer (α-Al) yang berwarna terang mengkilap dikelilingi butiran-butiran silikon yang berwarna abu-abu gelap, pada daerah HAZ terjadi perpindahan butiran Al menuju aluminium primer (α-Al) sehingga butiran Si menjadi paduan Si primer diantara α-Al, sedangkan pada daerah lasan terlihat butiran Si lebih sedikit dan tersebar tidak merata pada permukaan aluminium primer (α-Al); (3) nilai kekerasan spesimen raw material lebih tinggi dibandingkan spesimen hasil pengelasan, yaitu 103,381VHN pada raw material dan 38,057VHN pada daerah las, sedangkan pada daerah HAZ memiliki nilai kekerasan 42,016VHN. (4) kekuatan impak pada spesimen hasil pengelasan lebih baik dibandingkan dengan spesimen raw material, yaitu 0,0386 J/mm2, sedangkan kekuatan impak rata-rata pada spesimen hasil pengelasan adalah 0,067 J/mm2. Kata kunci: Las MIG, Preheating, PWHT, Cast Wheel Aluminium, Repair Welding.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 17:42
    Last Modified: 29 Jan 2017 17:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31511

    Actions (login required)

    View Item