Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Program Decentralized Basic Education (DBE) Di Kabupaten Jepara (Studi Kasus di SDN Sukodono 3 Tahunan dan SDN Dorang 2 Nalumsari Kabupaten Jepara)

PRASETYO, AHMAD MADIYANTO (2017) Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Program Decentralized Basic Education (DBE) Di Kabupaten Jepara (Studi Kasus di SDN Sukodono 3 Tahunan dan SDN Dorang 2 Nalumsari Kabupaten Jepara). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (225Kb)

    Abstract

    Ahmad Mardiyanto Prasetyo, 2016. Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Program Decentralized Basic Education Di Kabupaten Jepara (Studi Kasus SDN Sukodono 3 Tahunan dan SDN Dorang 2 Nalumsari). Tesis. Jurusan Penyuluhan Pembangunan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing (I) Dr. Sapja Anantanyu, SP., M.Si (II) Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Decentralized Basic Education (DBE) dan menganalisis peran serta masyarakat di SDN Sukodono3 Tahunan dan SDN Dorang 2 Nalumsari Kabupaten Jepara dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, khususnya pada aspek manajemen tata kelola dan partisipasi masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Sampel penelitan diambil secara purposive dan snowball sampling. Informan terdiri dari para murid, orang tua murid, guru, kepala sekolah, komite sekolah, fasilitator program DBE, pengawas sekolah dan pejabat di tingkat kecamatan dan kabupaten.Teknik analisis data menggunakan model induktif-interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Decentralized Basic Educatiion di SDN Sukodono 3 Tahunan dan SDN Dorang 2 Nalumsari ditunjukkan dengan pelaksanaan manajemen dan tata kelola sekolah yang lebih terbuka, transparan, dan partisipatif; sekolah yang diteliti memiliki manajemen perencanaan, penganggaran yang lebih baik dengan berkonsultasi kepada guru dan komite sekolah; peran serta masyarakat khsususnya dari orang tua murid dan komite sekolah lebih meningkat karena tumbuh dan berkembangnya kepercayaan yang kuat kepada sekolah serta prestasi sekolah lebih meningkat setelah menerapkan manajemen dan tatakelola sekolah yang baik dengan melibatkan penuh partisipasi masyarakat. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Decentralized Basic Education, Tata kelola Sekolah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Penyuluhan Pembangunan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 17:34
    Last Modified: 29 Jan 2017 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31509

    Actions (login required)

    View Item