Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Fong’s Schematic Model For Error Analysis pada Materi Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Gender Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016

K, FAIHA NUKMA NUR (2017) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Fong’s Schematic Model For Error Analysis pada Materi Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Gender Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (536Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Faiha Nukma Nur Kholishoh. K1312029. ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN FONG’S SCHEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS PADA MATERI VOLUME PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI GENDER SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis kesalahan siswa dengan gender laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dan limas berdasarkan Fong’s Schematic Model For Error Analysis, (2) jenis kesalahan siswa dengan gender perempuan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dan limas berdasarkan Fong’s Schematic Model For Error Analysis, (3) faktor penyebab siswa dengan gender laki-laki melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dan limas berdasarkan Fong’s Schematic Model For Error Analysis, (4) faktor penyebab siswa dengan gender perempuan melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dan limas berdasarkan Fong’s Schematic Model For Error Analysis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sample atau sampel bertujuan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa yang diambil dari kelas VIII E. Subjek tersebut terdiri dari 3 siswa dengan gender laki-laki yang hasil jawabannya memenuhi kategori, yaitu skema lengkap dengan kesalahan (E1), skema tidak lengkap dengan kesalahan (E3), dan menggunakan prosedur yang tidak relevan (E4). Demikian pula pada subjek dengan gender perempuan dipilih 3 siswa hasil jawabannya memenuhi kategori, yaitu skema lengkap dengan kesalahan (E1), skema tidak lengkap dengan kesalahan (E3), dan menggunakan prosedur yang tidak relevan (E4). Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode/teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis kesalahan siswa dengan gender laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dan limas berdasarkan Fong’s Schematic Model For Error Analysis yaitu kesalahan bahasa, kesalahan opersional dan kesalahan tema matematika, tetapi jenis kesalahan siswa dengan gender laki-laki lebih dominan pada kesalahan operasional, (2) jenis kesalahan siswa dengan gender perempuan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma berdasarkan Fong’s Schematic Model For Error Analysis yaitu kesalahan bahasa, kesalahan opersional dan kesalahan tema matematika, tetapi kesalahan siswa dengan gender perempuan lebih dominan pada kesalahan operasional dan tema matematika, (3) faktor penyebab siswa dengan gender laki-laki melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi volume prisma dan limas berdasarkan Fong’s Schematic Model For Error Analysis yaitu: (a) subjek kurang teliti menuliskan informasi dari soal dan saat mengilustrasikan gambar, (b) subjek kurang memahami kata-kata dari soal, (c) subjek terbiasa mengerjakan soal dengan cara yang simple agar cepat selesai, (d) subjek lupa menuliskan satuan pada jawaban, (e) subjek sudah terbiasa menuliskan rumus secara ringkas dan tidak terbiasa menuliskan langkah perhitungan dengan runtut dan lengkap, (f) subjek sudah terbiasa tidak menuliskan simpulan pada jawaban dan kurang teliti saat membaca soal, (g) subjek bingung menentukan langkah untuk menyelesaikan soal dan melakukan kesalahan pada langkah sebelumnya, (h) subjek kurang memahami unsur-unsur pada limas, (i) subjek belum memahami penulisan teorema phytagoras dengan benar dan tidak terbiasa menuliskan perhitungan menggunakan teorema phytagoras secara runtut, (j) subjek kurang teliti saat mengilustrasikan gambar dari soal, (k) subjek bingung menuliskan pemodelan matematika berdasarkan kalimat pada soal, (4) faktor penyebab siswa dengan gender perempuan melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi volume prisma dan limas berdasarkan Fong’s Schematic Model For Error Analysis yaitu: (a) subjek kurang memahami kalimat pada soal dan bingung cara mengilustrasikan gambar, (b) subjek terbiasa mengerjakan soal dengan langkah yang simple, (c) subjek kurang paham atau bingung bagaimana langkah untuk menyelesaikan soal sehingga hanya asal memasukkan angka saja, (d) subjek terbiasa menuliskan rumus secara ringkas, (e) subjek lupa menuliskan satuan pada jawaban atau tidak terbiasa menuliskan satuan pada jawaban, (f) subjek bingung menentukan langkah untuk menyelesaikan soal dan melakukan kesalahan pada langkah sebelumnya, (g) subjek bingung atau kurang teliti saat menuliskan rumus dan melakukan perhitungan serta tidak terbiasa menuliskan rumus dan perhitungan secara runtut dan lengkap, (h) subjek bingung memberikan keterangan pada gambar karena kurang memahami unsur-unsur limas, (i) subjek kurang memahami bagaimana langkah menerapkan teorema phytagoras pada soal dan melakukan kesalahan pada langkah sebelumnya, (j) subjek bingung langkah mengilustrasikan gambar dan menempatkan keterangan pada gambar, (k) subjek bingung menuliskan langkah secara runtut dan jelas karena kurang memahami maksud soal sehingga asal mengerjakan saja, (l) subjek bingung menuliskan pemodelan matematika berdasarkan soal, (m) subjek sudah terbiasa menuliskan simbol titik dua ( : ) sebagai simbol sama dengan ( = ) dan menganggapnya tidak salah. Kata Kunci: analisis kesalahan, volume prisma dan limas, Fong’s Schematic Model For Error Analysis, gender. ABSTRACT Faiha Nukma Nur Kholishoh. K1312029. AN ANALYSIS ON STUDENTS’ ERROR IN SOLVING NARRATIVE PROBLEM USING FONG’S SCHEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS IN PRISM AND PYRAMID VIEWED FROM GENDER IN THE 8TH E GRADERS OF SMP NEGERI 1 KARTASURA IN THE SCHOOL YEAR OF 2015/2016. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University. Deceember 2016. This research aimed to find out: (1) the error type of male students in solving narrative problem in prism and pyramid volume material based on Fong’s Schematic Model for Error Analysis, (2) the error type of female students in solving narrative problem in prism and pyramid volume material based on Fong’s Schematic Model for Error Analysis, (3) the factors leading the male students to do error in solving narrative problem in prism and pyramid volume material based on Fong’s Schematic Model for Error Analysis, and (4) the factors leading the female students to do error in solving narrative problem in prism and pyramid volume material based on Fong’s Schematic Model for Error Analysis. This research was conducted in SMP Negeri 1 Kartasura in the school year of 2015/2016. This study was a qualitative research. The sampling technique used was purposive sampling one. The subjects of research consisted of 6 students taken from the 8thE grade. The subjects contained 3 male and 3 female students whose answers met the following categories: complete scheme with error (E1), incomplete scheme with error (E3), and using irrelevant procedure (E4). Data validation was carried out using method/technique triangulation and member check. The result of research showed that: (1) the error types of male students in solving narrative problem in prism and pyramid volume material based on Fong’s Schematic Model for Error Analysis were language error, operational error, and mathematic theme error, with operational error being the most dominant one, (2) the error types of female students in solving narrative problem in prism and pyramid volume material based on Fong’s Schematic Model for Error Analysis were language error, operational error, and mathematic theme error, with operational and mathematic theme errors being the most dominant ones, (3) the factors leading the male students to do error in solving narrative problem in prism and pyramid volume material based on Fong’s Schematic Model for Error Analysis were: (a) the subjects wrote information from the problem and illustrate the picture less precisely, (b) the subjects understood poorly the words of the problem, (c) the subjects had been accustomed to solve the problem with less chronological and complete procedure to complete it more quickly, (d) the subjects forgot to write the unit in the answer and wanted to solve the problem immediately, (e) the subjects were not accustomed to write the formula and calculation procedure chronologically and completely, (f) the subjects were not accustomed to write the conclusion of answer and read the problem less thoroughly, (g) the subjects were confused in solving the problem and as a result of the previous error, (h) the subjects understood poorly the elements of pyramid, (i) the subjects understood poorly how the procedure of finding the height of pyramid with Pythagorean theorem was, (j) the subjects illustrated the picture of structure less precisely, (k) the subjects were confused in writing the model to be found and was not accustomed to write the procedure completely and chronologically, (4) the factors leading the female students to do error in solving narrative problem in prism and pyramid volume material based on Fong’s Schematic Model for Error Analysis were: (a) the subjects understood poorly the sentence in the problem and was confused in illustrating the picture, (b) the subjects was not accustomed to work on the problem with chronological and complete procedure, (c) the subjects understood poorly the procedure of finding the base height of prism thereby only guessing the answer, (d) the subjects was not accustomed to write the formula completely and understood poorly the problem thereby only guessing the answer, (e) the subjects forgot and was not accustomed to write the unit in the answer, (f) the subjects was confused in solving the problem and as the result of previous error, (g) the subjects was confused and less precise, and was not accustomed to write the calculation formula chronologically and completely, (h) the subjects were not accustomed in writing conclusion and understood poorly the procedure to find the base height of prism thereby only guessing the answer, (i) the subjects were confused in giving information on the picture because they understood poorly the elements of pyramid, (k) the subjects understood poorly the procedure to find the height of pyramid with Pythagorean theorem and as the result of previous error, (l) the subjects was confused in illustrating and giving information on the picture, (m) the subjects were confused in writing the symbol of colon (:) as the symbol of equal (=) because they considered that it was not an error. Keywords : error analysis, prism and pyramid volume, Fong’s Schematic Model for Error Analysis, gender

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 27 Jan 2017 10:03
    Last Modified: 27 Jan 2017 10:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31502

    Actions (login required)

    View Item