Pengaruh Tingkat Ketidakpastian Subjektif terhadap Outgroup Derogation pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret

LAYALIA, MUFARIDDAH (2017) Pengaruh Tingkat Ketidakpastian Subjektif terhadap Outgroup Derogation pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (553Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat ketidakpastian subjektif terhadap outgroup derogation. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan post-test only two independent group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Psikologi UNS sebanyak 20 orang, yang terbagi 11 orang dalam kelompok eksperimen I dan sembilan orang dalam kelompok eksperimen II. Kelompok eksperimen I mendapatkan intervensi ketidakpastian subjektif tinggi dan kelompok eksperimen II mendapatkan intervensi ketidakpastian subjektif rendah. Perlakuan yang diberikan merupakan prosedur manipulasi tingkat ketidakpastian subjektif yang disesuaikan dengan salah satu level ketidakpastian yakni perceptual uncertainty. Pengambilan data dilakukan menggunakan IAT Format Paper dengan validitas koefisien reprodusibilitas sebesar 0,904 dan koefisien skalabilitas sebesar 0,807 serta reliabilitas sebesar 0,809 untuk Blok A dan 0,698 untuk Blok B. Uji hipotesis menggunakan Independent Mann Whitney U-Test dengan taraf signifikansi 5% menghasilkan p=0,024. Hasil uji hipotesis menunjukkan p<0.05 yang artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ketidakpastian subjektif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap outgroup derogation pada mahasiswa Prodi Psikologi UNS. Kata kunci: Ketidakpastian Subjektif, Outgroup Derogation, Konflik Antar-kelompok.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2017 08:24
    Last Modified: 27 Jan 2017 08:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31484

    Actions (login required)

    View Item