PENGARUH INOVASI TERHADAP NIAT BELI PRODUK YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BELI KONSUMEN (Studi pada Sentra Industri Sepatu Kulit di Jalan Sawo Magetan)

PERMADI, ANGGIT (2017) PENGARUH INOVASI TERHADAP NIAT BELI PRODUK YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BELI KONSUMEN (Studi pada Sentra Industri Sepatu Kulit di Jalan Sawo Magetan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (270Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH INOVASI TERHADAP NIAT BELI PRODUK YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BELI KONSUMEN (Studi pada Sentra Industri Sepatu Kulit di Jalan Sawo Magetan) ANGGIT PERMADI NIM. F1214011 Penelitian ini dilakukan pada sebuah Kerajinan Sepatu Kulit di Jalan Sawo, Kota Magetan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji : 1) pengaruh fitur produk terhadap niat beli konsumen, 2) pengaruh kemasan produk terhadap niat beli konsumen, 3) pengaruh keunikan produk terhadap niat beli konsumen, 4) pengaruh fitur produk terhadap sikap pembelian konsumen, 5) pengaruh kemasan produk terhadap sikap pembelian konsumen, 6) pengaruh keunikan produk terhadap sikap pembelian konsumen, 7) pengaruh sikap pembelian terhadap niat membeli konsumen. Pada penelitian ini data dari responden diambil menggunakan metode non probability sampling dan teknik convenience sampling. Responden dari penelitian ini adalah pengunjung sentra produk kerajinan kulit di Magetan yang memiliki niat untuk membeli. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana inovasi produk kulit yang telah dilakukan oleh IKM di kabupaten Magetan berpengaruh terhadap niat beli konsumen pada sentra kerajinan kulit di Kota Magetan. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Generalized Structured Component Analysis (GeSCA). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) fitur produk berpengaruh secara positif terhadap niat beli konsumen, 2) kemasan produk berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen, 3) keunikan produk berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen, 4) fitur produk berpengaruh positif terhadap sikap pembelian konsumen, 5) kemasan produk berpengaruh positif terhadap sikap pembelian konsumen, 6) keunikan produk berpengaruh positif terhadap sikap pembelian konsumen, 7) sikap pembelian berpengaruh positif terhadap niat membeli konsumen. Kekurangan dalam penelitian ini adalah obyek amatan yang terfokus pada kerajinan kulit saja, belum bisa menggambarkan keseluruhan dari IKM lainnya yang ada di Indonesia. Kata kunci: Fitur Produk, Kemasan Produk, Keunikan, Niat Beli Konsumen, Sikap Beli Konsumen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2017 07:46
    Last Modified: 27 Jan 2017 07:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31470

    Actions (login required)

    View Item