PERAN INDIVIDU DALAM PENYEBARAN DAN PENERIMAAN INFORMASI MUAMALAT MOBILE (Studi Kasus Peran Individu Dalam Penyebaran & Penerimaan Ide-Ide Muamalat Mobile Di Kalangan Nasabah Bank Muamalat Di Kota Solo)

W, ALIFIAH GHANIYYU (2017) PERAN INDIVIDU DALAM PENYEBARAN DAN PENERIMAAN INFORMASI MUAMALAT MOBILE (Studi Kasus Peran Individu Dalam Penyebaran & Penerimaan Ide-Ide Muamalat Mobile Di Kalangan Nasabah Bank Muamalat Di Kota Solo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (170Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Alifiah Ghaniyyu W. NIM S231208001. 2016 PERAN INDIVIDU DALAM PENYEBARAN DAN PENERIMAAN INFORMASI MUAMALAT MOBILE (Studi Kasus Peran Individu Dalam Penyebaran & Penerimaan Ide-Ide Muamalat Mobile Di Kalangan Nasabah Bank Muamalat Di Kota Solo). Tesis. Pembimbing I: Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D. Pembimbing II: Drs. Y. Slamet, M.Sc, Ph.D. Program Studi Ilmu Komunikasi.Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam ranah ilmu komunikasi, peneliti melihat fenomena difusi inovasi penerimaan pesan mobile banking ini sebagai sebuah hal yang menarik. Bagaimana sesuatu yang dianggap baru (inovasi) dapat diterima oleh khalayak menjadi alat untuk problem solving dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti ingin melihat bagaimana peran individu dalam proses penerimaan dan penyebaran (difusi) sebagai informasi tentang ide baru (inovasi). Maka difusi inovasi adalah suatu proses penyebar serapan ide-ide atau hal-hal yang baru dalam upaya untuk merubah suatu masyarakat yang terjadi secara terus menerus dari suatu tempat ke tempat yang lain, dari suatu kurun waktu ke kurun waktu yang berikut, dari suatu bidang tertentu ke bidang yang lainnya kepada sekelompok anggota dari sistem sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian tanpa menggunakan angka statistic tetapi dengan pemaparan secara deskriptif yaitu berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi disaat sekarang, di mana peneliti berusaha memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian dijabarkan sebagaimana adanya. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus seusai dengan disampaikan oleh Rober K Yin (2008). Studi kasus digunakan sebagai suatu penjelasan komprehensif yang berkaitan dengan berbagi aspek seseorang, Studi kasus juga memiliki pengertian berkaitan dengan penelitian yang terperinci tentang seseorang atau suatu unit social dalam kurun waktu tertentu Peneliti menjabarkan hasil penelitian dalam bentuk narasi. Sampel dari populasi yang diambil melalui proses teknik cuplikan bersifat Purposive Sampling. Peneliti mengambil sampel karyawan PT Bank Muamalat baik direksi, Manager, dan frontliner serta nasabah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan obeservasi lingkungan terhadap sampel penelitian. Untuk validasi data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa golongan inovasi dalam difusi inovasi, yakni innovator, early adopter, earlu majority, dan late majority memiliki karakteristik dalam pola komunikasi tersendiri ketika mereka menjadi komunikator dan ketika mereka menjadi komunikan. Terdapat karakteristik dan pola komunikasi yang berbeda pada masingmasing kategori inovasi di dalam proses penyebaran dan penerimaan informasi muamalat mobile dikalangan nasabah Bank Muamalat di kota Solo. Kata kunci : Difusi inovasi, innovator, early adopter, early majority, late majority, pola komunikasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2017 07:44
    Last Modified: 27 Jan 2017 07:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31469

    Actions (login required)

    View Item