Pengaruh Injeksi CO2 dan Intensitas Cahaya Pada Scenedesmus dimorphus (Turpin) Kützing Dalam Media Basal Bold (MBB) untuk Produksi Lipid

K, FAHRUR NUZULUL (2017) Pengaruh Injeksi CO2 dan Intensitas Cahaya Pada Scenedesmus dimorphus (Turpin) Kützing Dalam Media Basal Bold (MBB) untuk Produksi Lipid. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (167Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Energi sangat dibutuhkan dalam kehidupan baik manusia maupun organisme lain. Energi berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Inovasi sumber energi alternatif mulai dikembangkan mengingat stok sumber energi tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi semakin menurun. Sumber energi alternatif yang digunakan sebagai pengganti bahan baku minyak bumi adalah biodiesel. Biodiesel dapat diproduksi dari minyak nabati. Mikroalga merupakan salah satu sumber minyak yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan bioediesel, karena mikroalga memiliki kandungan lipid yang cukup tinggi. Salah satu mikroalga yang dapat dikembangkan sebagai sumber biodiesel adalah Scenedesmus dimorphus (Turpin) Kützing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola pertumbuhan Scenedesmus dimorphus yang diberi perlakuan injeksi CO2 dan intensitas cahaya, dan perlakuan yang paling optimum untuk menghasilkan produksi biomassa dan lipid total pada Scenedesmus dimorphus. Penelitian dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama berupa injeksi CO2 (selama 0 2; 4; dan 6) menit. Faktor kedua berupa intensitas cahaya terdiri atas 3 variasi berturut-turut; yakni: I1 =7.500 lux, I2 = 10.000 lux, I3 = 12.500 lux, dan masing masing kombinasi diperlakukan 3x ulangan. Parameter diamati antara lain jumlah biomassa dan jumlah lipid total S. Dimorphus, selanjutnya dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf kepercayaan 95%, dilanjutkan dengan uji beda nyata Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dan dibantu program SPSS 23, sedangkan data laju pertumbuhan S. dimorphus dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan S. dimorphus optimum pada media 12.500 lux tanpa injeksi dengan jumlah sel 100,8x106 sel.ml-1 pada hari ke-16. Perlakuan optimum untuk produksi biomassa dan lipid adalah pencahayaan 12.500 lux dengan injeksi selama 0 menit, yang menghasilkan biomassa dan lipid tertinggi senilai; 1,1407 g.l-1 dan 0,2520 g.-1 (22,08% berat kering). Kata Kunci : Injeksi CO2, Intensitas Cahaya, Lipid Total, Mikroalga, Scenedesmus dimorphus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QK Botany
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 10:27
    Last Modified: 25 Jan 2017 10:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31437

    Actions (login required)

    View Item