STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MACROMEDIA FLASH) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SAFITRI, AMALIA PUTRI (2017) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MACROMEDIA FLASH) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1154Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Amalia Putri Safitri. K3312006. STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MACROMEDIA FLASH) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan media peta konsep dan multimedia interaktif (macromedia flash) melalui model pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol; (2) pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol; dan (3) interaksi antara penggunaan media peta konsep dan multimedia interaktif melalui model pembelajaran Problem Solving dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA semester genap SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) instrumen tes untuk mengukur kemampuan matematika dan prestasi belajar aspek pengetahuan; (2) angket untuk mengukur prestasi belajar aspek sikap; (3) observasi untuk mengukur prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan. Analisis data prestasi belajar aspek pengetahuan menggunakan uji statistik parametrik General Linear Model Univariate, sedangkan analisis data prestasi belajar aspek sikap dan aspek keterampilan menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan media Peta Konsep dan Multimedia Interaktif (Macromedia Flash) melalui model pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan siswa pada pokok bahasan konsep mol, tetapi tidak berpengaruh pada prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan siswa; (2) terdapat pengaruh kemampuan matematika tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan siswa pada pokok bahasan konsep mol, tetapi tidak berpengaruh pada prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan; dan (3) tidak terdapat interaksi antara penggunaan Peta Konsep dan Multimedia Interaktif (Macromedia Flash) melalui model pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol. Kata Kunci: Peta Konsep, Macromedia Flash, Problem Solving, Kemampuan Matematika, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 10:16
    Last Modified: 25 Jan 2017 10:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31433

    Actions (login required)

    View Item