PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TIPE SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE) DAN LEARNING TOGETHER BERKOMBINASI PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Konsep Mol Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016)

S, ALFIYAN W (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TIPE SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE) DAN LEARNING TOGETHER BERKOMBINASI PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Konsep Mol Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1074Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Alfiyan Wahyudianto Sarjono. K3312005. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TIPE SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE) DAN LEARNING TOGETHER BERKOMBINASI PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Konsep Mol Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Desember 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create and Share) dan Learning Together (LT) berkombinasi pembelajaran langsung (Direct Instruction) terhadap prestasi belajar siswa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol; (2) pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol; (3) interaksi antara model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create and Share) dan Learning Together (LT) berkombinasi pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-2 dan X MIPA-3 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) dokumentasi; (2) tes; (3) angket; (4) observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan dengan sel tak sama untuk prestasi pengetahuan dan keterampilan, serta uji statistik non parametrik Kruskal Wallis untuk prestasi sikap. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create and Share) dan Learning Together (LT) berkombinasi pembelajaran langsung (Direct Instruction) terhadap prestasi belajar siswa materi konsep mol pada aspek pengetahuan, tetapi tidak ada pengaruh pada aspek sikap dan keterampilan; (2) tidak ada pengaruh kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa materi konsep mol baik aspek sikap, pengetahuan, maupun keterampilan; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create and Share) dan Learning Together (LT) berkombinasi pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa materi konsep mol aspek keterampilan, tetapi tidak ada interaksi pada aspek sikap dan pengetahuan. Kata Kunci: Problem Solving tipe SSCS, LT berkombinasi Direct Instruction, Kemampuan Matematika, Prestasi Belajar, Konsep Mol.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 10:02
    Last Modified: 25 Jan 2017 10:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31432

    Actions (login required)

    View Item