Jenis Tindak Tutur, Pelanggaran Prinsip Kerja Sama, dan Implikatur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Kepenuhan Riau

AMELIA, OCTY (2017) Jenis Tindak Tutur, Pelanggaran Prinsip Kerja Sama, dan Implikatur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Kepenuhan Riau. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3118Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) jenis-jenis tindak tutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Kepenuhan Riau, (b) pelanggaran prinsip kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Kepenuhan Riau, dan (c) implikatur dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Kepenuhan Riau. Data penelitian berupa rekaman dialog tuturan kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Kepenuhan Riau. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahahasa Indonesia beserta siswa kelas VIII, data yang diteliti berupa tuturan ketika proses belajar mengajar. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan perekaman. Pengumpulan dan analisis data dikerjakan berulang-ulang untuk menghasilkan pemahaman yang mendalam dan utuh mengenai jenis tindak tutur, pelanggaran prinsip kerja sama, dan implikatur. Uji validitas data menggunakan tiga metode, yaitu: triangulasi teori, triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, jenis tindak tutur yang ditemukan meliputi lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Dari ketiga jenis tersebut tindak tutur yang lebih sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah ilokusi dengan persentase, lokusi 32,50%, ilokusi 42,38%, dan perlokusi 25,12%. Kedua, pelanggaran prinsip kerja sama terdapat empat maksim yaitu pelanggaran maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevan dan pelaksanaan. Dari keempat maksim tersebut yang sering dilanggar adalah maksim pelaksanaan dengan persentase, maksim kuantitas 13,98%, maksim kualitas 16,13%, maksim relevan 16,13%, dan maksim pelaksanaan 53,76%. Ketiga implikatur, implikatur yang ditemukan yaitu konvensional dan nonkonvensional, kedua jenis implikaur tersebut menghasilkan data yang sama dengan persentase masing¬-masing 50%. Kata kunci: jenis tindak tutur, pelanggaran prinsip kerja sama, implikatur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PA Classical philology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Inggris - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Jan 2017 09:32
    Last Modified: 25 Jan 2017 09:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31418

    Actions (login required)

    View Item