Studi Perbandingan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Group Investigation ditinjau dari Kecerdasan terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMAN di Kabupaten Sukoharjo

RAHAYU, PURWATI YUNI (2017) Studi Perbandingan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Group Investigation ditinjau dari Kecerdasan terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMAN di Kabupaten Sukoharjo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1318Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) model pembelajaran manakah yang memberikan hasil belajar lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, atau model pembelajaran langsung; 2) manakah yang memberikan hasil belajar lebih baik, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang, atau rendah; 3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kategori tingkat kecerdasan manakah yang memberikan hasil belajar lebih baik, siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sedang, atau rendah; 4) pada masing-masing tingkat kecerdasan emosional, model pembelajaran manakah yang memberikan hasil belajar lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, atau model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan rancangan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN di Kabupaten Sukoharjo. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Sampel berjumlah 304 siswa meliputi 101 siswa eksperimen 1, 102 siswa eksperimen 2, dan 101 siswa kelas kontrol. Hasil uji coba tes hasil belajar dianalisis dengan uji validitas, uji realiabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis adalah Independent sample test (t-test) dan analisis variansi dua jalur dengan bantuan SPSS pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) TGT > GI dan langsung, serta GI > model langsung. 2) Hasil belajar siswa dengan EQ tinggi > EQ sedang dan rendah, serta EQ sedang > EQ rendah 3) Hasil belajar dengan model TGT, siswa dengan EQ tinggi > EQ sedang dan rendah, pada model GI siswa dengan EQ tinggi > EQ sedang dan rendah, dan model langsung hasil belajar relatif sama pada EQ tinggi, sedang, dan rendah. 4) Pada siswa dengan EQ tinggi, model TGT > model GI dan langsung, pada siswa dengan EQ sedang TGT = GI, dan GI > langsung, dan pada EQ rendah TGT, GI, dan langsung memberikan hasil yang relatif sama. Kata Kunci:TGT, GI, Kecerdasan emosional, Hasil belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 09:05
    Last Modified: 25 Jan 2017 09:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31409

    Actions (login required)

    View Item