PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X.4 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FATIMAH, NUR FITRI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X.4 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (300Kb)

    Abstract

    Nur Fitri Fatimah. K3312056. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATON (TAI) DILENGKAPI LKS BERBASIS HIERARKI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X.4 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi Lembar Kerja Siswa pada materi Redoks di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi LKS berbasis hierarki konsep dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dan prestasi belajar siswa pada materi pokok redoks di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Persentase interaksi sosial meningkat dari 78,79% pada siklus I menjadi 80,96% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 34,28% dengan rata-rata kelas 60,29 meningkat menjadi 82,86% dengan rata-rata kelas 81,13 pada siklus II, sedangkan persentase capaian afektif pada siklus I adalah 85,29% meningkat menjadi 94,11% pada siklus II. Kata Kunci: Team Assited Individualization (TAI), interaksi sosial, prestasi belajar, redoks

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:59
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31408

    Actions (login required)

    View Item