Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Kelas VIII Di Kota Salatiga

M, MG FITRI ANA (2017) Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Kelas VIII Di Kota Salatiga. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (23Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah PBL, GI, dan pembelajaran langsung.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 2. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP swasta di Kota Salatiga tahun ajaran 2014/2015.Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak235 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket dan metode tes. Analisis uji coba insrumen tes meliputi uji validitas isi, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran dan uji reliabilitas. Analisis uji coba instrumen angket meliputi uji validitas isi, uji konsistensi internal butir insrumen dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat (uji normalitas serta homogenitas) dan uji keseimbangan. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah:1) Siswa yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi yang sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan saintifik. Siswa yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi lebih baik dari siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. Siswa yang dikenai model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi yang sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. 2) Siswa dengan gaya kognitif Field Independent memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya kognitif Field Dependent. 3) Pada model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik siswa dengan gaya kognitif Field Independent mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent. Pada model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan saintifik siswa dengan gaya kognitif Field Independent mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent. Pada model pembelajaran langsung siswa dengan gaya kognitif Field Independent mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari siswa dengan gaya kognitif Field Dependent. 4) Pada gaya kognitif Field Dependet siswa yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi yang sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan saintifik. Siswa yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi yang lebih baik dari siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. Sedangkan siswa yang dikenai model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung. Pada gaya kognitif Field Independent siswa yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi yang sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan saintifik. Siswa yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi yang sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran langsung. Sedangkan siswa yang dikenai model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan saintifik mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung Kata Kunci: PBL, GI, Pembelajaran Langsung, Pendekatan Saintifik, Gaya Kognitif.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:58
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31407

    Actions (login required)

    View Item