PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 2 PADA MATERI STOIKIOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MODUL DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ARIYANTI, NOVA DWI (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 2 PADA MATERI STOIKIOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MODUL DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1082Kb)

    Abstract

    Nova Dwi Ariyanti. K3312054. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 2 PADA MATERI STOIKIOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MODUL DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 2 pada materi stoikiometri di SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan modul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 Banyudono tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan angket, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan modul dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi stoikiometri. Pada siklus I, persentase siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi adalah 51,4% dan meningkat menjadi 82,9% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Pada aspek pengetahuan, ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 37,1% meningkat menjadi 62,8% pada siklus II. Pada aspek sikap, indikator sikap jujur dan tanggung jawab belum tuntas pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan semua indikator sikap tuntas dengan persentase 100%. Pada aspek keterampilan yang dilakukan pada siklus I, persentase ketercapaian sebesar 100%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Problem Solving, Modul, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:54
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31403

    Actions (login required)

    View Item