PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIKOMBINASI DENGAN DIRECT INSTRUCTION (DI) BERBANTUAN CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIPA 2 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

CHINTYA, NANA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIKOMBINASI DENGAN DIRECT INSTRUCTION (DI) BERBANTUAN CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIPA 2 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1204Kb)

    Abstract

    Nana Chintya. K3312050. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIKOMBINASI DENGAN DIRECT INSTRUCTION (DI) BERBANTUAN CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIPA 2 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial dan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dikombinasi dengan Direct Instruction (DI) berbantuan Catatan Terbimbing pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dikombinasi dengan Direct Instruction (DI) berbantuan Catatan Terbimbing dapat meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar peserta didik pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Persentase ketercapaian interaksi sosial pra siklus adalah 25,04%, kemudian meningkat menjadi 56,41% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 76,92% pada siklus II. Persentase ketercapaian peserta didik untuk aspek sikap dan keterampilan pada siklus I adalah 100%. Persentase ketuntasan peserta didik untuk aspek pengetahuan pada siklus I adalah 61,54%, kemudian meningkat menjadi 84,62% pada siklus II. Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Direct Instruction (DI), catatan terbimbing, interaksi sosial, prestasi belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:51
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31402

    Actions (login required)

    View Item