EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN (EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (PNPM-MP) DI KELURAHAN SRAGEN WETAN KECAMATAN SRAGEN DAN DESA KARANGUDI KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN)

G, EDY SUDRAJAD (2017) EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN (EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (PNPM-MP) DI KELURAHAN SRAGEN WETAN KECAMATAN SRAGEN DAN DESA KARANGUDI KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (467Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektivitas pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan dengan studi kasus Program PNPM-MP di Kelurahan Sragen Wetan Kecamatan Sragen dan Desa Karangudi Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Analisa dilakukan dengan pembobotan (scoring) 16 elemen pemberdayaan yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada pelaku kegiatan PNPM-MP di Kelurahan Sragen Wetan dan Desa Karangudi. 16 elemen pemberdayaan tersebut adalah : percaya diri, komunikasi, keahlian, kepercayaan, kekayaan, layanan masyarakat, informasi, keterkaitan, rintangan, kepemimpinan, jaringan kerja, organisasi, kekuatan politik, mendahulukan kepentingan umum, kesamaan nilai dan persatuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam Program PNPM-MP di Kelurahan Sragen Wetan dan Desa Karangudi berjalan cukup efektif walaupun penurunan angka kemiskinan lambat. Hal ini dikarenakan : 1) Adanya Krisis ekonomi nasional pada Tahun 2009 dan pertumbuhan ekonomi nasional yang rendah menyebabkan daya beli masyarakat menurun sehingga jumlah penduduk yang masuk kategori miskin menjadi bertambah. 2) Ada indikasi data Keluarga miskin tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. 3) Data keluarga miskin yang tidak valid menyebabkan program yang sudah efektif dari segi pelaksanaannya tidak akan banyak bermanfaat ketika penerima manfaat ternyata bukan keluarga miskin. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) di Kabupaten Sragen khususnya perlu dilanjutkan. 2) Pemerintah Kabupaten Sragen hendaknya menyediakan Dana Alokasi untuk Kelurahan secara rutin yang pengelolaannya (perencanaan, pelaksanaan dan pelestarian) diserahkan kepada masyarakat desa agar dapat mengembangkan keswadayaan masyarakat 3) Pemerintah Kabupaten Sragen diharapkan mengadakan program pelatihan kader pemberdayaan masyarakat kelurahan/desa secara intensif dengan merekrut masyarakat yang menjadi pelaku PNPM-MP guna meningkatkan kemampuan mereka dan punya kesempatan terlibat langsung dalam pengelolaan pembangunan Kelurahan/desa. Kata kunci : Kemiskinan, Pemberdayaan Masyarakat, Efektivitas

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:47
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31399

    Actions (login required)

    View Item