Pendekatan Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin Bagi Siswa Kelas X SMK Batik Surakarta

S, DWI APRILIANA (2017) Pendekatan Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin Bagi Siswa Kelas X SMK Batik Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (210Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Apriliana Santosa. C9613011. Pendekatan Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin Bagi Siswa Kelas X SMK Batik 1 Surakarta. Tugas Akhir, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Mandarin melalui pendekatan attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) pada siswa kelas X SMK Batik 1 Surakarta. Pendekatan ARCS adalah model pendekatan pembelajaran yang menekankan pada aspek motivasi yang terdiri dari attention (perhatian), relevance (kegunaan), confidence (percaya diri), satisfaction (kepuasan). Penerapan ini diterapkan di kelas X SMK Batik 1 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa semakin termotivasi untuk memperhatikan saat KBM berlangsung. Siswa semakin antusias untuk memahami tujuan dan manfaat pembelajaran bahasa Mandarin. Siswa semakin percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki, sehingga siswa memiliki kepuasan yang tinggi saat mereka mampu belajar bahasa Mandarin dengan baik. Kata Kunci: pendekatan ARCS, motivasi belajar, bahasa Mandarin,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:42
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31395

    Actions (login required)

    View Item