Pengembangan Modul IPA Berbasis Guided Discovery pada Materi Alat-alat Option untuk Mengingatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP/MTS

V, DHIAN TRI ENDAH (2017) Pengembangan Modul IPA Berbasis Guided Discovery pada Materi Alat-alat Option untuk Mengingatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (379Kb)

    Abstract

    Hasil angket di SMPN 2 Sawoo Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, menunjukkan pembelajaran berbasis Guided Discovery belum pernah dilakukan, karena guru mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul IPA berbasis Guided Discovery yang layak digunakan 2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa 3) meningkatkan kreativitas siswa 4) menganalisis efektivitas modul IPA berbasis Guided Discovery terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan modul IPA berbasis Guided Discovery ini menggunakan prosedur pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap pendefinisian terdiri dari proses analisis kebutuhan guru dan siswa dengan menabulasi dan membuat presentase. Tahap perancangan modul IPA sesuai dengan sintaks pembelajaran Guided Discovery yang diintegrasikan ke dalam modul. Tahap pengembangan dilakukan proses validasi kelayakan modul, revisi modul, dan aplikasi modul berbasis Guided Discovery di kelas VII SMPN 2 Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Tahap penyebaran merupakan proses penyebaran modul ke lima SMP di Kabupaten Ponorogo dan Bojonegoro yaitu SMPN 1 Jetis, SMPIT Darut Taqwa, SMPN 1 Dander, SMPN 3 Bojonegoro dan SMP Plus Al-Fatimah. Teknik analisis datanya yaitu: 1) analisis angket kebutuhan guru dan siswa untuk mengetahui kebutuhan produk yang dikembangkan 2) analisis lembar validasi keyakan modul dengan menabulasi semua komponen data yang diperoleh, menghitung skor rata-rata dari setiap komponen dan mengategorikannya, 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa dianalisis dengan menggunakan gain-score, 4) analisis hasil belajar dengan membuat skor rata-rata dari hasil penilaian kognitif, afektif dan psikomotor, kemudian membandingkan dengan KKM dan mempresentase ketuntasan belajarnya. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa: 1) Modul IPA berbasis Guided Discovery yang dikembangkan memenuhi kriteria layak pada aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan aspek pembelajaran Guided Discovery, dan kelayakan media dengan nilai rata-rata 3,6 atau dalam kategori ‘sangat baik’, 2) Pembelajaran menggunakan modul IPA berbasis Guided Discovery pada materi alat-alat optik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan nilai gain 0,69 atau dalam kategori tinggi, 3) Pembelajaran menggunakan modul IPA berbasis Guided Discovery pada materi alat-alat optik dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan nilai gain 0,67 atau dalam kategori tinggi, 4) Pembelajaran menggunakan modul IPA berbasis Guided Discovery dengan ketuntasan belajar siswa 100% sehingga dapat dikatakan efektif. Kata Kunci : Modul, Guided Discovery, Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas Siswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:38
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31393

    Actions (login required)

    View Item