PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DISERTAI DENGAN KEY RELATION-CHART DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

P, CHARISMA N (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DISERTAI DENGAN KEY RELATION-CHART DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1849Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan media Key Relation-Chart (KR-Chart) terhadap prestasi belajar siswa; (2) pengaruh motivasi belajar (tinggi, sedang, rendah) siswa terhadap prestasi belajar siswa; (3) interaksi antara penerapan model TGT disertai KR-Chart dan model TAI disertai KR-Chart dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan cluster rundom sampling. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dan uji Kruskal-Wallis dengan taraf signifikansi 5% (α=0,05). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT disertai KR-Chart, TAI disertai KR-Chart, dan konvensional terhadap prestasi belajar kimia pada ranah kognitif, namun tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar siswa ranah afektif; 2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi koloid terhadap prestasi belajar kimia; 3) tidak ada interaksi antara penerapan model TGT disertai KR-Chart, model TAI disertai KR-Chart, dan konvensional dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi koloid terhadap prestasi belajar kimia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:33
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31391

    Actions (login required)

    View Item