Pola Komunikasi Verbal dan Nonverbal Antara Mahasiswa Asing dengan Mahasiswa Lokal (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Lambang Verbal dan Nonverbal Mahasiswa Asing di Wisma UNS dalam Berkomunikasi dengan Mahasiswa Lokal)

SANATI, ISTIJABATIS (2017) Pola Komunikasi Verbal dan Nonverbal Antara Mahasiswa Asing dengan Mahasiswa Lokal (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Lambang Verbal dan Nonverbal Mahasiswa Asing di Wisma UNS dalam Berkomunikasi dengan Mahasiswa Lokal). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1159Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Istijabatis Sanati D1214039. Pola Komunikasi Verbal dan Non-Verbal Antara Mahasiswa Asing dengan Mahasiswa Lokal. Program Studi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Pola komunikasi merupakan suatu kebiasaan yang terus diulang dan akan selalu berulang. Kebanyakan orang berkomunikasi dengan menggunakan pola dan bahasa verbal, akan tetapi bagaimana jika komunikan dan komunikator memiliki latar belakang bahasa dan budaya yang berberda? Dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk mengetahui pola komunikasi yang banyak digunakan oleh mahasiswa asing saat berkomunikasi dengan mahasiswa lokal di Asrama mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif – deskriptif untuk mengetahui pola komunikasi yang lebih banyak digunakan mahasiswa asing yang tinggal di Asrama UNS, baik verbal maupun nonverbal. Penelitian ini melibatkan 10 mahasiswa asing yang menjadi subjek serta berperan sebagai informan dan pola komunikasi (verbal dan nonverbal) menjadi objeknya. Berdasarkan wawancara serta pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dalam kurun waktu kurang lebih selama 1 bulan, ternyata banyak mahasiswa asing yang lebih sering berkomunikasi dengan menggunakan bahasa verbal dibandingkan dengan bahasa nonverbal. Selain karena kebebasan berbahasa, juga kurangnya kesadaran setiap individu membuat mahasiswa asing lebih sering menggunakan bahasa Inggris dan sedikit bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan mahasiswa lokal. Sehingga pola komunikasi nonverbal lebih sering dijumpai saat menemukan mahasiswa asing yang sedang berkomunikasi dengan mahasiswa lokal. Kata kunci: Pola komunikasi, bahasa verbal, dan bahasa nonverbal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:26
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31385

    Actions (login required)

    View Item