PROGRAM LATIHAN DAN MENTAL JUARA ATLET BERPRESTASI (Study Kasus Tentang Program Latihan dan Mental Juara Pelari Nasional Suryo Agung)

HAMID, YUSNIZAR ABDUL (2017) PROGRAM LATIHAN DAN MENTAL JUARA ATLET BERPRESTASI (Study Kasus Tentang Program Latihan dan Mental Juara Pelari Nasional Suryo Agung). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (94Kb)

    Abstract

    Suryo Agung adalah salah satu atlet kebanggaan di Indonesia yang merupakan pelari tercepat di Asia Tenggara dengan rekor catatan waktu 10.17 detik. Dari lintasan atletik bertaraf lokal, akhirnya Suryo Agung berhasil melanglang buana di tingkat Internasional berpacu dengan pelari-pelari papan atas dunia. Berdasarkan pengamatan secara antropometrik, Suryo Agung memiliki postur tubuh yang tidak memenuhi kriteria ideal sebagai sprinter. Dengan tinggi badan 172 cm Suryo Agung mampu mencapai prestasi yang sangat gemilang dan mampu bersaing dengan atlet-atlet ternama tingkat Internasional. Seorang sprinter harus mempunyai program latihan yang baik untuk bisa berprestasi dan juga harus memiliki mental juara yang tangguh untuk menghadapi lawan, serta situasi dalam perlombaan. Penelitian dilakukan kepada Suryo Agung dengan menggunakan paradigma dan metode kualitatif, untuk menghasilkan pemahaman yang komprehensif mengenai fenomena yang diteliti. Secara khusus penelitian kualitatif ini menggunakan rancangan penelitian Studi Kasus-Life History. Empat kriteria yang digunakan, yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Derajat kepercayaan dengan menggunakan Triangulasi data kepada informan yang dianggap dekat dengan Suryo Agung. Analisis dalam penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu; (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap reduksi data, (3) tahap penyajian data, (4) tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program latihan yang diberikan ke Suryo tidak berbeda dengan program latihan pada umumnya, yaitu persiapan umum, persiapan khusus, dan kompetisi. Rata-rata pelatih memberikan program latihan yang secara keseluruhan hampir sama, tetapi ada sebuah keunikan dari masing-masing pelatih yaitu: pola kepemimpinan, pola komunikasi dan sarana yang digunakan dalam latihan. Mental juara Suryo Agung sebagai pelari tercepat Asia Tenggara mencakup beberapa aspek diantaranya: program latihan, impian, bakat, kemauan tinggi, keyakinan diri dan kepercayaan diri, motivasi (intrinsik dan ekstrinsik), dan komunikasi dengan pelatih. Kata kunci: Suryo Agung Wibowo, Program Latihan dan Mental Juara.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Jan 2017 08:04
    Last Modified: 25 Jan 2017 08:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31375

    Actions (login required)

    View Item