DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SOLUSI DALAM PERANCANGAN PROMOSI KAMPOENG KOPI BANARAN

KAVIT, MUHAMMAD (2009) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SOLUSI DALAM PERANCANGAN PROMOSI KAMPOENG KOPI BANARAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1252Kb)

    Abstract

    Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan alamnya, salah satunya adalah kopi. Pada awalnya, perkembangan kopi di Indonesia dimulai sejak zaman penjajahan Belanda, Indonesia yang merupakan daerah jajahan Belanda mempunyai hasil rempah-rempah yang sangat banyak dan terkenal dengan kondisi alamnya yang subur, pada saat yang bersamaan bangsa barat sedang popular dengan fenomena kopi, kopi di benua eropa menjadi komoditas yang sangat berharga oleh sebab itu belanda mulai mengambil inisiatif untuk menanam perkebunan kopi di Indonesia, dimulai dari Batavia (Jakarta), Sukabumi, dan Bogor kemudian merata di seluruh Indonesia. Kopi adalah sejenis minuman yang biasanya dihidangkan selagi panas, kopi dibuat dari biji kopi yang dikeringkan (sangrai) kemudian ditumpuk hingga menjadi bubuk kopi. Adapun Jenis biji kopi ada dua macam dari tanaman kopi yaitu Arabika dan Robusta, Arabika adalah jenis kopi tradisional dan dianggap paling nikmat rasanya, sedangkan Robusta adalah jenis kopi yang memiliki kadar kafein paling tinggi, Robusta dapat di kembangkan dalam lingkungan dimana Arabika tidak dapat tumbuh dan membuat Robusta pengganti Arabika yang murah, Robusta biasanya tidak dinikmati sendiri itu dikarenakan rasanya yang pahit dan asam, Robusta kualitas tinggi biasanya digunakan sebagai campuran ekspreso. Pada saat ini kopi di Indonesia sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu minuman favorit masyarakat karena selain rasanya yang nikmat kopi 1 ternyata juga memberikan banyak manfaat salah satunya adalah kopi terbukti merupakan antioksidan yang tinggi, hal tersebut memberikan peluang bisnis khususnya pada orang yang mengerti tentang kopi dan pandai melihat peluang bisnis yang ada, mereka kemudian mulai membuat usaha seperti coffee shop/ kedai kopi yang diperuntukan bagi para pecinta kopi untuk menikmati kopi dengan ramuan coffee shop tersebut, ternyata usaha ini benar-benar menjadi ladang bisnis yang menjanjikan sehingga tidak heran jika usaha ini sekarang sudah menjamur dan masing-masing usaha dibidang kopi mempunyai strategi sendiri-sendiri dalam menarik calon konsumennya. Salah satu dari sekian banyak usaha dalam bidang kopi adalah Kampoeng Kopi Banaran, sebuah kawasan wisata kopi terpadu dimana pengunjung dapat menikmati secangkir minuman kopi (banaran café), edukasi (pengenalan pengetahuan) tentang kopi dan wahana wisata lainnya dengan disajikan pesona alam pegunungan dan keindahan kebun kopi menjadikan point interest tersendiri bagi calon konsumennya, namun dalam perkembangannya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan dari Kampoeng Kopi Banaran, hal tersebut karena selama ini media promosi yang digunakan kurang efektif, sehingga sangat disayangkan jika sebuah kawasan wisata yang mempunyai potensi besar dalam menarik calon kosumennya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaanya tersebut, oleh karena itu dirasa perlu dibuat strategi promosi yang lebih efektif sehingga mampu mengenalkan Kampoeng Kopi Banaran kepada masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Isro'iyatul Mubarokah
    Date Deposited: 13 Jul 2013 17:33
    Last Modified: 13 Jul 2013 17:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3136

    Actions (login required)

    View Item