UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LEMPAR TURBO MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULUKANTIL NO. 150 KECAMATAN JEBRES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ANGGRIAWAN, FERY WAHYU (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LEMPAR TURBO MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULUKANTIL NO. 150 KECAMATAN JEBRES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1118Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fery Wahyu Anggriawan. K5612032. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LEMPAR TURBO MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BULUKANTIL NO. 150 KECAMATAN JEBRES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar turbo menggunakan model pembelajaran secara kelompok Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bulukantil N0. 150 Kecamatan Jebres Surakarta Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Bulukantil No. 150 Kecamatan Jebres Surakarta semester I Tahun Pelajaran 2016/2017, sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam PTK ini adalah teknis tes dan observasi, pengambilan data melalui tes sebelum dan sesudah diadakan tindakan menggunakan model pembelajaran secara kelompok pada materi gerak dasar lempar turbo. Observasi dilakukan untuk mengamati perubahan perilaku siswa pada setiap siklus. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran secara kelompok pada mata pelajaran penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar turbo pada siswa kelas IV SD Negeri Bulukantil No. 150 Kecamatan Jebres Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat diperoleh hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 siswa atau 68,57%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mancapai 30 siswa atau 85,71% dari jumlah seluruh siswa yaitu 35 siswa. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 76,67 pada siklus I meningkat menjadi 79,32 pada siklus II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar. Kata kunci : Gerak Dasar Lempar Turbo, Model Pembelajaran secara Kelompok ABSTRACT Fery Wahyu Anggriawan. K5612032. EFFORT TO IMPROVE BASIC MOTION TURBO THROW STUDY RESULTS USING GROUP STUDY MODEL IN STUDENT OF IV AT BULUKANTIL NO. 150 ELEMENTARY SCHOOL, JEBRES, SURAKARTA AT 2016/2017. Thesis, Surakarta: the Faculty of Education, Sebelas Maret University Surakarta, October 2016. The purpose of this research is to improve the learning outcomes of basic motion turbo throw using group study model tin student of IV at Bulukantil No. 150 Elementary School, Jebres, Surakarta at 2016/2017. This research is a classroom action research. The research was held in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subject is the fourth grade student of Bulukantil No. 150 Elementary School , Jebres, Surakarta in first semester at 2016/2017, as much as 35 student consisting of 12 male student and 23 female student. Source data comes from teacher and student. Data collection techniques used in this research is technical test and observation, data collection through test before and after using group study model on the basis motion turbo throw. The observations were made to observe change the student behavior in each cycle. The data validity using the triangulation method technique. Data analysis using descriptive analysis technique that based on a qualitative analysis as a percentage. Result of the study show that using group study model on Health Physical Education Sports subject can improve learning outcomes basic motion turbo throw at the fourth grade of Bulukantil No. 150 Elementary School, Jebres, Surakarta at 2016/2017, can be obtained on the research and discussion as follows: in the first cycle of student who pass the study are 24 student or 68.57%, while in the second cycle student who pass the study mancapai 30 student or 85.71 % of the total number of student are 35 student. While the average value of student learning outcomes from 76.67 in the first cycle increased to 79.32 in the second cycle. Value at the end of the condition increases and exceed the expected minimum target is at least 80% of student in a class can be pass the study. Keywords: Group Study Learning, Basic Motion Turbo Throw

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 24 Jan 2017 15:30
    Last Modified: 24 Jan 2017 15:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31345

    Actions (login required)

    View Item