Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan dan Free Cash Flow Terhadap Kebijakan Inisiasi Dividen (Studi Pada Perusahaan Yang Melakukan IPO (Initial Public Offering) Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 - 2014)

SAPUTRO, FAJAR SIDIQ (2017) Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan dan Free Cash Flow Terhadap Kebijakan Inisiasi Dividen (Studi Pada Perusahaan Yang Melakukan IPO (Initial Public Offering) Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 - 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (310Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH STRUKTUR MODAL, STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN FREE CASH FLOW TERHADAP KEBIJAKAN INISIASI DIVIDEN (Studi pada Perusahaan yang melakukan IPO Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 - 2014) FAJAR SIDIQ SAPUTRO F1214036 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal, struktur kepemilikan dan free cash flow terhadap kebijakan inisiasi dividen setahun setelah pada perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2006 - 2014. Growth dan firm size dalam penelitian ini juga diuji untuk mengetahui peran dari variabel kontrol bagi variabel dependen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder pada periode pengamatan tahun 2006 - 2014. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO pada tahun tersebut, dengan kriteria pengambilan sampel yang dititik beratkan kepada perusahaan yang membagikan dividen satu tahun setelah perusahaan tersebut go public atau IPO dan perusahaan yang memiliki data kepemilikan saham manajerial. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh 33 sampel perusahaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi liniear berganda melalui program SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen seperti struktur modal, struktur kepemilikan dan free cash flow, serta variabel kontrol seperti growth dan firm size tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan inisiasi dividen. Hal ini berati bahwa faktor-faktor yang dianggap dapat memonitoring agency problem ternyata tidak berpengaruh terhadap kebijakan inisiasi dividen Kata kunci: struktur modal, struktur kepemilikan, free cash flow. firm size, growth dan kebijakan inisiasi dividen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 24 Jan 2017 15:27
    Last Modified: 24 Jan 2017 15:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31344

    Actions (login required)

    View Item