PENGARUH BERITA NEGATIF GO-JEK DI PORTAL BERITA ONLINE TERHADAP ORIENTASI PENGGUNA LAYANAN JASA DI JAKARTA Studi Persepsi Mengenai Pemberitaan Negatif Go-Jek di Portal Berita Online Detikcom Terhadap Orientasi Pengguna Go-Jek

NAJAH, AINUN (2017) PENGARUH BERITA NEGATIF GO-JEK DI PORTAL BERITA ONLINE TERHADAP ORIENTASI PENGGUNA LAYANAN JASA DI JAKARTA Studi Persepsi Mengenai Pemberitaan Negatif Go-Jek di Portal Berita Online Detikcom Terhadap Orientasi Pengguna Go-Jek. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (228Kb)

    Abstract

    Go-Jek merupakan salah satu fenomena sosial yang muncul di masyarakat pada tahun 2011,Go-Jek merupakan moda transportasi berbasis teknologi yang cukup memberikan bantuan secara efisiensi waktu dan biaya, serta membuka peluang pekerjaan dan usaha bagi banyak orang. Fenomena tersebut tentunya menarik media, untuk menjadikan Go-Jek sebagai sumber tulisan dalam sebuah berita. Persepsi merupakan inti dari komunikasi, bagaimana persepsi masyarakat terhadap sebuah berita negatif yang berkaitan dengan Go-Jek, terutama yang dimuat di portal berita online Detikcom. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui persepsi pengguna Go-Jek terhadap berita negatif yang terdapat di portal media online Detikcom. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara langsung. Subjek dari penelitian ini adalah pengguna atau pembaca media online Detikcom, yang juga menggunakan aplikasi layanan jasa Go-Jek dengan minimum penggunaan sebanyak tiga kali. Objek dari penelitian ini adalah persepsi dari masyarakat Jakarta sebagai pembaca media online, mengenai Go-Jek setelah membaca media online Detikcom dan orientasi setelahnya. Berdasarkan hasil penelitian persepsi masyarakat Jakarta sebagai pengguna Go-Jek. Berita negatif terhadap Go-Jek, tidak berpengaruh kepada penurunan minat masyarakat Jakarta dalam menggunakan jasa layanan Go-Jek. Berita negatif dijadikan early warning system bagi masyarakat Jakarta, untuk tetap waspada dalam menggunakan jasa layanan Go-Jek secara arif dan bijaksana. Persepsi masyarakat terhadap Go-Jek tentunya dilatar belakangi dengan adanya pengalaman dalam penggunaan jasa, semakin baik pelayanan yang diberikan makan citra baik atas Go-Jek akan terus meningkat, dan loyalitas pengguna akan terus bertahan pada layanan Go-Jek. Kata kunci : persepsi, berita negatif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Jan 2017 15:27
    Last Modified: 24 Jan 2017 15:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31343

    Actions (login required)

    View Item