PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN DAN PERNYATAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI MIPA 9 SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

P, ALVIONITA ARUM (2017) PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN DAN PERNYATAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI MIPA 9 SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (687Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Alvionita Arum Puspawati. K4312004. PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN DAN PERNYATAAN PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI MIPA 9 SMA NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016. Penelitian bertujuan untuk meningkatan kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem reproduksi di kelas XI MIPA 9 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama tiga siklus penelitian. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas XI MIPA9 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan Taksonomi Bloom terevisi yang terdiri dari dimensi pengetahuan dan proses berpikir. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pertanyaan peserta didik pada tindakan siklus I, siklus II dan siklus III secara berurutan adalah 84, 65 dan 82 sedangkan kuantitas pernyataan peserta didik adalah 155, 123 dan 167. Kualitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik teridentifikasi pada dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural serta dimensi proses berpikir C1, C2, C3, C4 dan C5. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik pada materi sistem reproduksi di kelas XI MIPA 9 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: pertanyaan, pernyataan, model pembelajaran inkuiri terbimbing ABSTRACT Alvionita Arum Puspawati. K4312004. IMPROVING QUALITY AND QUANTITY OF STUDENTS QUESTION AND STATEMENT USING GUIDED INQUIRY MODEL ON REPRODUCTION SYSTEM CHAPTER AT CLASS XI MIPA 9 OF SMA NEGERI 3 SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2015/2016. Thesis. Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University. December 2016. The aim of this research is to improve the quality and quantity of students question and statement using guided inquiry model on reproduction system chapter at class XI MIPA 9 of SMA Negeri 3 Surakarta academic years 2015/2016. This research was class action research in three cycles each. The research included planning, action, observation and reflection activities in each cycle. Subject of research is 26 students at class XI MIPA 9 SMA Negeri 3 Surakarta in academic year 2015/2016. Instrument of research based Bloom’s Taxonomy revised that include knowledge dimension and cognitive process dimension. Data was collected through observation, interview and documentation. Data validation was done by triangulation of tehnic collecting data. Data was analyzed describe qualitatively that include data reduction, data display and conclution drawing. The result of this research showed the quantities of students question on cycle I, cycle II and cycle III were 84, 65 and 82 meanwhile the quantities of students statement were 155, 123 and 167. The quality of students question and statement based on dimension of knowledge was identified on factual, conceptual and procedural meanwhile the quality of students question and statement based on cognitif process identified on cognitif process C1, C2, C3, C4 and C5 level. The implementation of guided inquiry model on reproduction system chapter can improve quality and quantity students question and statement at class XI MIPA 9 of SMA Negeri 3 Surakarta academic years 2015/2016. Keywords: question, statement, guided inquiry model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 24 Jan 2017 15:10
    Last Modified: 24 Jan 2017 15:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31337

    Actions (login required)

    View Item