PENGARUH JUMLAH UMKM, TENAGA KERJA, MODAL DAN LABA YANG DIPEROLEH USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TERHADAP PDRB WILAYAH JAWA TENGAH TAHUN 2008-2014

S, ADITYO SURYO (2017) PENGARUH JUMLAH UMKM, TENAGA KERJA, MODAL DAN LABA YANG DIPEROLEH USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TERHADAP PDRB WILAYAH JAWA TENGAH TAHUN 2008-2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (849Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah UMKM, tenaga kerja UMKM, modal UMKM dan laba UMKM terhadap PDRB Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan riset kuantitatif yaitu dengan melihat jumlah UMKM, tenaga kerja, modal dan laba dari UMKM. Penelitian ini menggunakan data panel, yaitu data tahunan dari tahun 2008 sampai tahun 2014 dan menggunakan sampel 35 Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah dan BPS Jawa Tengah. Metode analisis data menggunakan pendekatan fixed effect model yang di dapat dari Hausman Test dan Chow test dengan program Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah UMKM memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap PDRB Jawa Tengah, tenaga kerja UMKM memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap PDRB Jawa Tengah, modal UMKM memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap PDRB Jawa Tengah dan laba UMKM memiliki pengaruh signifikan terhadap PDRB Jawa Tengah. Upaya peningkatan sumbangan UMKM terhadap PDRB dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan baik pengembangan teknologi maupun keterampilan SDM dan juga diharapkan pemerintah dapat membuka pasar untuk hasil produksi UMKM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 24 Jan 2017 13:21
    Last Modified: 24 Jan 2017 13:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31329

    Actions (login required)

    View Item