PENGGUNAAN BEBERAPA LARUTAN NUTRISI DAN STERILISASI MEDIA LIMBAH BAGLOG PADA BUDIDAYA SELADA DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT

ARIBOWO, ADI (2016) PENGGUNAAN BEBERAPA LARUTAN NUTRISI DAN STERILISASI MEDIA LIMBAH BAGLOG PADA BUDIDAYA SELADA DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUBSTRAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (374Kb)

    Abstract

    Selada (Lactuca sativa L.) adalah sayuran daun yang penting yang umum dikonsumsi masyarakat. Pengembangan komoditas selada terkendala dengan semakin menurunnya jumlah lahan produksi. Salah satu cara menanggulangi hal tersebut adalah dengan budidaya selada secara hidroponik substrat. Substrat yang berpotensi digunakan dalam budidaya hidroponik adalah limbah baglog jamur tiram. Penelitian ini bertujuan mengetahui interaksi antara sterilisasi media limbah baglog dan nutrisi. Penelitian dilaksanakan di rumah kaca fakultas pertanian UNS pada Februari-April 2016. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua perlakuan yaitu sterilisasi media limbah baglog dan nutrisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan cara sterilisasi media limbah baglog yang digunakan tidak mempengaruhi pertumbuhan tanamanan selada kecuali panjang akar. Nutrisi NPK+Growmore memberikan pengaruh terbaik pada tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, kadar klorofil, dan indeks konsumsi. Interaksi antara media limbah baglog tanpa sterilisasi dan nutrisi AB mix memberikan pengaruh terbaik terhadap luas daun dan berat segar tanaman selada.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 12 Jan 2017 10:31
    Last Modified: 12 Jan 2017 10:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31327

    Actions (login required)

    View Item