EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) YANG DIMODIFIKASI DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMK TEKNIK DI KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SURYANTO, SURYANTO (2017) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) YANG DIMODIFIKASI DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMK TEKNIK DI KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (427Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dimodifikasi AfL, model pembelajaran kooperatif tipe TGT atau model pembelajaran langsung; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik diantara siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi, sedang atau rendah; (3) Pada masing-masing model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dimodifikasi AfL, TGT dan pembelajaran langsung, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi, sedang atau rendah; (4) Pada masing-masing kreativitas belajar tinggi, sedang dan rendah manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dimodifikasi AfL, tipe TGT atau pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK di Kabupaten Madiun. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Banyak anggota sampel seluruhnya berjumlah 266 siswa, dengan rincian 87 siswa pada kelas eksperimen satu, 90 siswa pada kelas eksperimen dua dan 89 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan tes kreativitas belajar. Analisis data kemampuan awal menggunakan ANAVA satu jalan dengan sel tak sama. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ketiga kelas mempunyai kemampuan awal yang seimbang. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalan dengan sel tak sama pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dimodifikasi AfL memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TGT maupun pembelajaran langsung. Model pembelajaran kooperatif TGT memberikan prestasi belajar matematika sama baiknya dengan model pembelajaran langsung; (2) Siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar sedang maupun rendah. Siswa yang mempunyai kreativitas belajar sedang memberikan prestasi belajar matematika sama baiknya dengan siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah; (3) Pada masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas belajar sedang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah; (4) Pada masing-masing tingkat kreativitas belajar menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dimodifikasi AfL lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TGT maupun pembelajaran langsung, dan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada model pembelajaran langsung. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, TGT yang dimodifikasi AfL, TGT, kreativitas belajar, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 16:20
    Last Modified: 11 Jan 2017 16:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31315

    Actions (login required)

    View Item