Kualitas Pelayanan Kepada Pasien JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di RSUD Dr. Moewardi Kota Surakarta

ARDIANSYAH, SENO (2017) Kualitas Pelayanan Kepada Pasien JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di RSUD Dr. Moewardi Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Pemerintah Indonesia selalu berupaya agar masyarakat mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. RSUD Dr. Moewardi merupakan salah satu rumah sakit sebagai penyedia pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang menjadi pengguna atau peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kepada pasien JKN di RSUD Dr. Moewardi Kota Surakarta. Peneliti menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Berry dan Parasuraman (Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2011), dalam melihat kualitas pelayanan kepada pasien JKN di RSUD Dr. Moewardi Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan narasumber menggunakan purposive sampling. Sumber data diperoleh dari narasumber melalui proses wawancara dan data yang diperoleh dari dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji validitas data yaitu dengan teknik triangulasi data. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kepada pasien JKN di RSUD Dr. Moewardi dikatakan belum cukup baik, karena masih ada 2 dari 5 dimensi kualitas pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan pasien. 1) Kehandalan (Reliability), RSUD Dr. Moewardi dikatakan belum cukup baik karena ketepatan waktu yang dijanjikan dalam proses pelayanan kesehatan oleh RSUD Dr. Moewardi Kota Surakarta belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pasien JKN. 2) Daya Tanggap (Responsiveness) RSUD Dr. Moewardi dikatakan baik karena sudah memenuhi harapan pasien JKN. 3) Jaminan (Assurance) RSUD Dr. Moewardi dikatakan cukup baik, karena telah memenuhi harapan pasien. 4) Empati (Empaty) RSUD Dr. Moewardi dikatakan sangat baik. Empati yang diterima pasien JKN melebihi dari yang diharapkan oleh pasien. 5) Bukti Langsung (Tangible) RSUD Dr. Moewardi dikatakan tidak baik, karena sarana dan prasarana yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pasien JKN.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 16:06
    Last Modified: 11 Jan 2017 16:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31310

    Actions (login required)

    View Item