PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN DENGAN ALAT PERAGA KANTONG NILAI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI II PRACIMANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010

AMALIA SOLECHAH, FITROH (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN DENGAN ALAT PERAGA KANTONG NILAI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI II PRACIMANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1409Kb)

    Abstract

    Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah permainan dengan alat peraga kantong nilai dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD Negeri II Pracimantoro dan bagaimanakah bentuk permainan dengan alat peraga kantong nilai guna meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD Negeri II Pracimantoro. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui permainan dengan alat peraga kantong nilai pada siswa kelas I SD Negeri II Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN II Pracimantoro Kabupaten Wonogiri dengan jumlah 28 anak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus ada 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang mencakup tiga kegiatan yaitu, mereduksi data, membuat display data, membuat simpulan atau verifikasi. Bentuk atau cara penggunaan permainan dengan menggunakan alat peraga kantong nilai adalah bila pengerjaan penjumlahan maka kita tinggal memasukkan kedalam kantong sesuai dengan nilai tempatnya dan menjumlahkan suku-sukunya. Sedangkan pada pengerjaan pengurangan kita memasukkan manik-manik terlebih dahulu kedalam kantong nilai dan ambillah sesuai dengan angka pengurangnya. Melalui penerapan permainan dengan alat peraga kantong nilai ini, siswa menjadi lebih aktif, lebih menguasai kemampuan berhitung, siswa dapat memanipulasi benda nyata, dan siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, peneliti memberi simpulan bahwa melalui permainan dengan alat peraga kantong nilai dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SDN II Pracimantoro. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I nilai rata-rata siswa adalah 62,14 dengan prosentase ketuntasan 67,85%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 63,14 dan prosentase ketuntasan 74,99%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata siswa 69,82 dengan prosentase ketuntasan 85,71%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 13 Jul 2013 17:41
    Last Modified: 13 Jul 2013 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3131

    Actions (login required)

    View Item