PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 3 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Astuti, Salima Puji (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 3 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (903Kb)

    Abstract

    Salima Puji Astuti. K3312070. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 3 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Oktober. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dilengkapi dengan kartu soal pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dilengkapi dengan kartu soal dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Presentase ketercapaian minat belajar siswa pra siklus adalah 52,42%, kemudian meningkat menjadi 72,69% di siklus I dan meningkat kembali menjadi 82,96% di siklus II. Presentase ketercapaian aspek sikap 75,69% di siklus I kemudian meningkat menjadi 84% di siklus II. Presentase ketercapaian siswa untuk aspek keterampilan mencapai 100%. Persentase ketuntasan peserta didik untuk aspek pengetahuan pada siklus I adalah 60,58%, kemudian meningkat menjadi 81,81% pada siklus II. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Kartu Soal, Minat Belajar, Prestasi Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 16:03
    Last Modified: 11 Jan 2017 16:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31309

    Actions (login required)

    View Item