STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH (MM) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WISMAN, RESTU WIDYANA (2017) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH (MM) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (370Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Restu Widyana Wisman. K3311069. STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH (MM) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match (MM) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar siswa pada materi Sistem Periodik Unsur (SPU), (2) Mengetahui perbedaan kemampuan memori tinggi dan memori rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi SPU, (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran Make a Match (MM) dan Teams Games Tournament (TGT) dilihat dari kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi SPU. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Sampel merupakan siswa dari 2 kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode tes dan non tes. Teknik analisis data berupa uji hipotesis non parametrik Kruskal-Wallis dan Uji Mann-Whitney dengan bantuan software SPSS 16. Untuk pengujian hipotesis pada aspek pengetahuan menggunakan uji Mann-Whitney, sedangkan untuk aspek sikap dan keterampilan menggunakan uji Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 dapat disimpulkan: (1) Tidak ada perbedaan pembelajaran menggunakan model MM dengan pembelajaran menggunakan model TGT terhadap prestasi belajar pada aspek sikap dan keterampilan siswa, sedangkan untuk aspek pengetahuan terdapat perbedaan, (2) Tidak ada perbedaan prestasi belajar pada aspek sikap dan keterampilan siswa dengan kemampuan memori tinggi dan rendah, sedangkan pada aspek pengetahuan terdapat perbedaan, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran MM dan model pembelajaran TGT dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan, sedangkan untuk aspek sikap dan keterampilan tidak terdapat interaksi. Kata Kunci: Make a Match (MM), Teams Games Tournament (TGT), Kemampuan Memori, Prestasi Belajar, Metode Eksperimen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 15:38
    Last Modified: 11 Jan 2017 15:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31305

    Actions (login required)

    View Item