PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2015/2016

Wijayanti, Reni (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (624Kb)

    Abstract

    Reni Wijayanti. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball drilling. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi, tes, kuisioner, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data atau sumber dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian menggunakan model PTK dengan siklus (planning, action, observing, reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilaksanakan menunjukkan: 1) Pada prasiklus pembelajaran memperoleh rata-rata pencapaian nilai sebesar 67,33% yang diperoleh dari penilaian RPP, aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I guru dapat menerapkan pembelajaran sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Pada siklus I rata-rata pencapaian indikator kemampuan guru mengalami peningkatan menjadi 80,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 88% 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball drilling dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata pencapaian indikator minat belajar siswa yaitu 60,06. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 77% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. 3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada prasiklus siswa yang tuntas KKM (75) sebesar 41,67% atau 15 siswa dari total 36 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas KKM meningkat menjadi 72,22% atau 26 siswa dan pada siklus II mengalami kenaikan lagi menjadi 83,33% atau sebanyak 36 siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa ini telah melampaui target penelitian yaitu sebesar ≥80%. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, snowball drilling, minat belajar, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 15:36
    Last Modified: 11 Jan 2017 15:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31304

    Actions (login required)

    View Item