Peningkatan Writing Skills Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI MIPA 4 SMA N 3 Surakarta

S, KUSUMA INDAH (2017) Peningkatan Writing Skills Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI MIPA 4 SMA N 3 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (849Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kusuma Indah Sulistyani. K4312034. PENINGKATAN WRITING SKILLS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MIPA 4 SMA N 3 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, November 2016. Tujuan penelitian adalah meningkatkan writing skills peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada materi Sistem Reproduksi kelas XI MIPA 4 SMA N 3 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bersiklus meliputi 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen penelitian menggunakan rubrik penilaian kualitas tulisan pada indikator konten dan konteks. Data penelitian berupa tulisan peserta didik yang diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas konten dan konteks tulisan peserta didik mengalami peningkatan skor. Kualitas konten tulisan dari skor 2 dan 3 di level 1 pada pratindakan meningkat ke skor 4 di level 1 pada setiap tindakan, sedangkan kualitas konteks tulisan dari skor 1 dan 2 di level 1 pada pratindakan meningkat ke skor 3 dan 4 di level 1 pada setiap tindakan. Persentase kualitas konten tulisan skor 2 menurun dari 59,09% pada pratindakan menjadi 15,15% pada siklus 3, skor 3 meningkat dari 40,91% pada pratindakan menjadi 61,21% pada siklus 3, dan skor 4 meningkat dari 0% pada pratindakan menjadi 18,18% pada siklus 3. Persentase kualitas konteks tulisan skor 1 menurun dari 63,64% pada pratindakan menjadi 16,36% pada siklus 3, skor 2 meningkat dari 36,36% pada pratindakan menjadi 56,36% pada siklus 3, skor 3 meningkat dari 0% pada pratindakan menjadi 19,7% pada siklus 3, dan skor 4 meningkat dari 0% pada pratindakan menjadi 2,12% pada siklus 3. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada materi Sistem Reproduksi mampu meningkatkan writing skills peserta didik yang ditinjau dari kualitas konten dan konteks tulisan. Kata kunci: konten tulisan, konteks tulisan, writing skills, Project Based Learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QK Botany
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 14:42
    Last Modified: 11 Jan 2017 14:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31292

    Actions (login required)

    View Item