PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

, GUNARSO (2017) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (522Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Gunarso. X3213008. PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gondang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi observer. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aspek penilaian produk (Kreativitas) prasiklus (42%), siklus I (61,30%), dan siklus II (83,9%). Hasil penelitian menunjukkan aspek penilaian produk (Kreativitas) prasiklus (42%), siklus I (61,30%), dan siklus II (83,9%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gondang tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, kreativitas, dan pembelajaran seni rupa. ABSTRACT Gunarso. X3213008. THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TO DEVELOPE STUDENTS CREATIVITY IN LEARNING VISUAL ART OF PAINTING AT THE STUDENTS GRADE XI IPS 2 SMA NEGERI 1 GONDANG PERIOD 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University of surakarta. The goal research study is to develope students creativity in learning visual art of painting at the students grade XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gondang period 2014/2015. It is a class action research that is carried out in two cycles and each cycle consists of four steps. They are planning, action, observing and reflecting. The data collecting system uses various methods, such as: questionnaire, observation and interview. The technique of data validation is triangulation method and triangulation observer. While the technique of data analysis is descriptive analysis. The result of the research gets product evaluation aspect (creativity) in pre-cycle (42%), Cycle I (61.30 %) and cycle II (83.90 %). The conclusion of the research study is THE APPLICATION of CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) is enable to improve students’ creativity in learning art of painting of students grade XI IPS2 SMA Negeri Gondang, Period 2014/2015. Key Words : Contextual Teaching and Learning, Creativity, Learning Visual Art of Painting.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > ND Painting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 14:10
    Last Modified: 11 Jan 2017 14:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31286

    Actions (login required)

    View Item