MODEL KONSELING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN KONSELING (Penelitian di SMK Negeri Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017)

HARJIANTO, FERI HENRI (2017) MODEL KONSELING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN KONSELING (Penelitian di SMK Negeri Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (482Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Feri Henri Harjianto. MODEL KONSELING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN KONSELING (Penelitian di SMK Negeri 1 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016. Penelititan ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model konseling berbasis website untuk meningkatkan minat terhadap layanan konseling yang valid berdasarkan ahli, layak berdasarkan praktisi dan menarik berdasarkan peserta didik serta menguji keefektifan produk dengan menggunakan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 1 Sawit, sejumlah 10 orang. Penelitian ini menghasilkan produk yang terdiri dari model konseling berbasis webiste (produk I) dan buku panduan bagi peserta didik dan guru Bimbingan dan Konseling (produk II). Hasil uji validitas ahli menyatakan bahwa produk I memiliki prosentase 79,7% dinyatakan cukup valid, dengan revisi kecil dan produk II dengan prosentase 69,5%. Hasil uji praktisi menyatakan bahwa produk I memiliki prosentase 82,4% dinyatakan sangat layak. Sedangkan produk II dengan prosentase 88,75% dinyatakan sangat layak. Hasil uji peserta didik menyatakan bahwa prosentase produk I 78,3% dinyatakan cukup menarik. Sedangkan produk II dengan prosentase 82,5% dinyatakan sangat menarik. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan dalam lingkup terbatas memperoleh hasil sebesar 0.005 di sini terdapat probabilitas di bawah 0.05 (0.005 < 0.05), yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara pretest dan posttest. Hasil uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan minat peserta didik terhadap layanan konseling. Dengan demikian dapat disimpulkan model konseling berbasis website efektif untuk meningkatkan minat terhadap layanan konseling. Kata kunci: konseling berbasis website, minat terhadap layanan konseling

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 14:00
    Last Modified: 11 Jan 2017 14:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31284

    Actions (login required)

    View Item