Analisis Miskonsepsi Besaran dan Satuan pada Buku Ajar Fisika SMA Kelas X

P, ALEX GANDUNG (2017) Analisis Miskonsepsi Besaran dan Satuan pada Buku Ajar Fisika SMA Kelas X. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (803Kb)

    Abstract

    Alex Gandung Prabowo. ANALISIS MISKONSEPSI BESARAN DAN SATUAN PADA BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS X. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Oktober 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ada atau tidak adanya miskonsepsi pada materi Besaran dan Satuan, (2) mengetahui persentase miskonsepsi pada materi Besaran dan Satuan, dan (3) mengidentifikasi keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi Besaran dan Satuan yang terdapat dalam: (a) buku ajar Fisika I yang diterbitkan oleh YW tahun 2013, (b) buku ajar Fisika II yang diterbitkan oleh ER tahun 2013, dan (c) buku ajar Fisika III yang diterbitkan oleh YU tahun 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah materi Besaran dan Satuan di dalam ketiga buku ajar Fisika kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan wawancara kepada tim ahli Fisika untuk mendapatkan konsep yang benar. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat miskonsepsi Besaran dan Satuan dalam buku ajar yang diteliti yaitu konsep Dimensi pada buku I, sedangkan pada buku II dan buku III tidak ditemukan adanya miskonsepsi; (2) besarnya persentase miskonsepsi Besaran dan Satuan dalam buku ajar yang diteliti sebanyak 9,09 % pada buku I, 0 % pada buku II, dan 0 % pada buku III; (3) terdapat identifikasi keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada buku ajar yang diteliti yaitu dalam penulisan rumus dan keterangannya sebanyak 1 temuan, penggunaan contoh dan ilustrasi sebanyak 4 temuan, relevansi konsep sebanyak 1 temuan, dan kesalahan pengetikan sebanyak 6 temuan. Kata Kunci: miskonsepsi, buku ajar Fisika, Besaran dan Satuan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 11 Jan 2017 11:05
    Last Modified: 11 Jan 2017 11:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31262

    Actions (login required)

    View Item