JENIS – JENIS PERTANYAAN YANG DIAJUKAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANYAR

Rahayu, Sulistyani (2017) JENIS – JENIS PERTANYAAN YANG DIAJUKAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (351Kb)

    Abstract

    Sulistyani Rahayu. 2016. Jenis- jenis Pertanyaan yang Diajukan Guru dalam Proses Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar. TESIS. Pembimbing I : Dr. Imam Sujadi, M. Si, II : Dr. Riyadi, M. Si. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan pendahuluan pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar; 2) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan inti pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar; 3) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan penutup pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar; dan 4) jenis – jenis pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi setelah proses membelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar. Pertanyaan guru yang akan diteliti terkait dengan pertanyaan- pertanyaan yang diajukan guru dalam proses pembelajaran dan pertanyaan- pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah satu orang guru matematika kelas VIII. Dalam penelitian ini, pertanyaan yang diajukan guru selama proses pembelajaran akan diamati dengan menggunakan lembar observasi dan alat perekam berupa handycam. Dari hasil rekaman tersebut diperoleh transkripsi kegiatan pembelajaran berupa ucapan, ujaran, atau pernyataan guru dan siswa, sedangkan pertanyaan- pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran dari tugas- tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran. Transkripsi tersebut akan direduksi dengan cara mengambil ucapan, ujaran, atau pernyataan guru yang termasuk ke dalam pertanyaan. Selanjutnya, dilakukan validasi data. Pertanyaan guru tersebut akan dianalisis dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan sehingga dapat diketahui pertanyaan yang diajukan oleh guru dalam proses pembelajaran dan pertanyaan- pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran. Hasil analisis tersebut akan digunakan untuk mendeskripsikan pertanyaan yang diajukan guru selama proses pembelajaran dan pertanyaan- pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru setelah proses pembelajaran. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa, 1) jenis-jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan pendahuluan pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar adalah pertanyaan faktual kategori mengingat, pertanyaan faktual kategori memahami, pertanyaan konseptual kategori mengingat dan pertanyaan konseptual kategori memahami; 2) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan inti pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar adalah pertanyaan faktual kategori mengingat, pertanyaan faktual kategori memahami, pertanyaan faktual kategori menerapkan, pertanyaan konseptual kategori mengingat, pertanyaan konseptual kategori memahami, pertanyaan konseptual kategori menerapkan, pertanyaan prosedural kategori mengingat, pertanyaan prosedural kategori memahami, pertanyaan prosedural kategori menerapkan dan pertanyaan prosedural kategori menganalisis; 3) jenis – jenis pertanyaan yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada kegiatan penutup pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar adalah pertanyaan faktual kategori mengingat; 4) jenis – jenis pertanyaan yang tertuang dalam tugas yang diberikan guru berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi setelah proses membelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Karanganyar adalah pertanyaan konseptual kategori mengingat, pertanyaan konseptual kategori memahami, pertanyaan konseptual kategori menerapkan, pertanyaan prosedural kategori, pertanyaan prosedural kategori menerapkan, dan pertanyaan prosedural kategori menganalisis. Kata tanya yang sering digunakan guru untuk mengajukan pertanyaan adalah “apa” dan “berapa”. Kata Kunci : pembelajaran matematika, jenis- jenis pertanyaan, taksonomi bloom revisi Sulistyani Rahayu. 2016. Kinds Of Questions Are Given By Teacher In The Mathematics Learning Process Of The Eigthth Grade Students Of SMP Negeri 1 Karanganyar. THESIS. First Counselor : Dr. Imam Sujadi, M. Si, Second Counselor : Dr. Riyadi, M. Si. Department of Mathematics Education, Postgraduate Program Faculty Of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University of Surakarta.. Abstract The purpose of this reasearch is to describe 1) kinds of questions given by teacher based on Taxonomi Bloom Revision in the opening Mathematics learning of eighth grade in SMP Negeri 1 Karanganyar; 2) kinds of questions given by teacher based on Taxonomi Bloom Revision in the main Mathematics learning of eighth grade in SMP Negeri 1 Karanganyar; 3) kinds of questions given by teacher based on Taxonomi Bloom Revision in the closing Mathematics learning of eighth grade in the SMP Negeri 1 Karanganyar; and 4) kinds of questions are included in the assignment given by teacher based on Taxonomi Bloom Revision after Mathematics learning process of eighth grade in SMP Negeri 1 Karanganyar. This research is included qualitative descriptive research. Main Subject in this research is a Mathematics teacher of eigthh grade. The researcher wants to know the questions are given by teacher in the learning process and questions are included in the assignment that are given by teacher after learning process. In this research, the questions are given by teacher will be observed using handycam. The result of the record will get the transciption of learning activity, such as: utterance, pronouncement or teacher and student statement, while questions are included in the assignment that are given by teacher after learning process are observed by assignment given by teacher. The transcription will be reducted by getting utterance, pronouncement, or teacher statement that included question. The next step is data validation. Teacher’s question were analyzed by data reduction, data display, to obtain the conclusion, so it was obtained the questions given by teacher in the learning process and questions are included in the assignment that are given by teacher after learning process. The result of this analysis will be used for describing the questions are given by teacher while learning process and questions are included in the assignment that are given by teacher after learning process. The result of this research can be concluded that 1) kinds of questions given by teacher based on Taxonomi Bloom Revision in the opening Mathematics learning of eighth grade in SMP Negeri 1 Karanganyar are factual question memorizing category, factual question understanding category, conceptual question memorizing category, and conceptual question understanding category; 2) kinds of questions given by teacher based on Taxonomi Bloom Revision in the main Mathematics learning of eighth grade in SMP Negeri 1 Karanganyar are factual question memorizing category, factual question understanding category, factual question applying category, conceptual question memorizing category, conceptual question understanding category, conceptual question applying category, procedural question applying category, and procedural question analyzing category procedural question memorizing category, procedural question understanding category, and procedural question applying category; 3) kinds of questions given by teacher based on Taxonomi Bloom Revision in the closing Mathematics learning of eighth grade in the SMP Negeri 1 Karanganyar is factual question memorizing category; 4) kinds of questions are included in the assignment given by teacher based on Taxonomi Bloom Revision after Mathematics learning process of eighth grade in SMP Negeri 1 Karanganyar are conceptual question memorizing category, conceptual question understanding category, conceptual question applying category, procedural question applying category, and procedural question analyzing category. Question words that are often used by teacher for giving questions are “what” and “how many”. Keywords : mathematics learning, kinds of question, Taxsonomi Bloom Revision

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 17:25
    Last Modified: 09 Jan 2017 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31253

    Actions (login required)

    View Item