TINJAUAN YURIDIS PENGANGKATAN CAMAT SEBAGAI PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) SEMENTARA (STUDI DI KABUPATEN JEMBRANA, PROVINSI BALI)

FATIMAH, SITI (2017) TINJAUAN YURIDIS PENGANGKATAN CAMAT SEBAGAI PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) SEMENTARA (STUDI DI KABUPATEN JEMBRANA, PROVINSI BALI). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (171Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar yuridis pengangkatan Camat sebagai Pejabat pembuat Akta Tanah Sementara, menganalisa kendala yang timbul terhadap pengangkatan Camat sebagai PPATS dan pengaruhnya di lapangan serta menemukan solusi dari kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris dengan metode pendekatan peraturan peundang-undangan dan pendekatan sejarah dengan sifat penelitian deskriptif analitis. Sumber data adalah primer yang diperoleh dari wawancara langsung dan sumber data sekunder yakni data-data yang diperoleh dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan wawancara, kemudian analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dasar hukum camat sebagai PPAT Sementara adalah pasal 5 ayat (3) huruf a Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 juncto Pasal 18 ayat (1) Peraturan Menteri Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2006 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 Tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah. Akan tetapi dalam pengangkatannya ditemui kendala yang terletak pada tugas ganda Camat sebagai perangkat daerah dan PPATS, latar belakang pendidikan Camat sebagai PPATS dan keautentikan akta PPAT yang dibuat oleh Camat selaku PPATS. Solusi yang dapat ditawarkan adalah harmonisasi peratura perundang-undangan dan meningkatkan pendidikan di bidang pertanahan pada Camat sebagai PPATSementara. Kata Kunci: Pengangkatan, Camat, Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 17:11
    Last Modified: 09 Jan 2017 17:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31250

    Actions (login required)

    View Item