UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (Ksp) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Ajunda, Wima Pudya (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (Ksp) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (746Kb)

    Abstract

    Wima Pudya Ajunda. K3312075. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (Ksp) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Banyudono, (2) prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Banyudono Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banyudono. Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, angket dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model POE dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan ketuntasan siswa sebesar 46,67% pada siklus I dan meningkat menjadi 63,33% pada siklus II, (2) Penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan siswa pada aspek pengetahuan sebesar 40% pada siklus I dan meningkat menjadi 53,3% pada siklus II, aspek sikap sebesar 93,33% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II dan aspek keterampilan telah mencapai 100% pada siklus I. Kata Kunci: predict observe explain, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 17:00
    Last Modified: 09 Jan 2017 17:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31246

    Actions (login required)

    View Item