Penerapan Model Pembelajaran TGT (teams game tournament) untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI Mipa 5 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/201

ANAM, TIDAR KHOIRUL (2017) Penerapan Model Pembelajaran TGT (teams game tournament) untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI Mipa 5 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/201. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (412Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tidar Khoirul Anam. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui pembelajaran tipe TGT (Teams Games Tournament ) pada siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 20 siswi putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti, data hasil belajar passing bawah diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran passing bawah bolavoli dengan pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli. Hasil belajar tersebut meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor dari 31 siswa hanya 9 siswa yang mencapai KKM atau 29,03% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 64,51% atau 20 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 90,32% atau 28 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Surakarta dalam meningkatkan hasil passing bawah bolavoli melalui pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa. Kata Kunci : Passing bawah bolavoli, Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 16:50
    Last Modified: 09 Jan 2017 16:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31243

    Actions (login required)

    View Item