PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR DAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X TGB B DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO

W, ROBI ARSADANI (2017) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR DAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X TGB B DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (924Kb)

    Abstract

    Robi Arsadani Wardiana. K2312061. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR DAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X TGB B DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan psikomotor dan kognitif Fisika siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Fisika materi Elastisitas di kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo. Dalam penelitian ini, data yang didapatkan berupa data dari kajian dokumen, tes tertulis, observasi, kuesioner atau angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, didapatkan hasil bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan psikomotor Fisika siswa kelas X TGB B. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan psikomotor Fisika siswa pada Siklus I sebesar 41,67 % siswa mendapatkan nilai psikomotor berkategori tuntas dan 58,33 % berkategori tidak tuntas. Pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 100 % siswa mendapatkan nilai psikomotor Fisika berkategori tuntas. Kemampuan kognitif Fisika siswa juga meningkat dengan penerapan model Project Based Learning. Hasil kemampuan kognitif Fisika siswa pada Siklus I menunjukkan ketuntasan klasikal siswa sebesar 56 %, mengalami peningkatan menjadi 81 % pada Siklus II. Kata kunci: project based learning, psikomotor, kognitif, elastisitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 16:36
    Last Modified: 09 Jan 2017 16:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31238

    Actions (login required)

    View Item