PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 1 KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PRATAMAJATI, RIZQI (2017) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 1 KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1235Kb)

    Abstract

    Rizqi Pratamajati. 2016. Penerapan Model Think Pair Share dengan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Klirong Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Sunardi, Msc. Pembimbing II: Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa melalui Model Think Pair Share dengan menggunakan media audiovisual pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Klirong Tahun 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dengan metode Classroom Action Research dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Klirong. Objek penelitian ini adalah minat dan prestasi belajar siswa di pelajaran Sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Sejarah menggunakan model Think Pair Share dengan media audiovisual pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Klirong yang dilaksanakan melalui tiga siklus dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Klirong tahun pelajaran 2015/2016. Peningkatan minat belajar siswa dapat diketahui dari hasil angket minat belajar setelah pelaksanaan tindakan. Pada siklus 1 mencapai 23,5%, siklus 2 meningkat menjadi 38,2%, dan siklus III meningkat menjadi 88,2%. Sementara prestasi belajar siswa pada kondisi awal menunjukkan nilai rata-rata sebesar 67,8 dengan ketuntasan klasikal 23,5%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 70,8 dengan ketuntasan klasikal 50%, siklus 2 meningkat nilai rata-rata menjadi 74,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64,7 % dan pada siklus 3 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 80,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,2 %. Kata kunci: model pembelajaran Think Pair Share, media audio visual, minat dan prestasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 16:33
    Last Modified: 09 Jan 2017 16:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31237

    Actions (login required)

    View Item